Comscore Tracker

3 Langkah Menghadapi Rem Blong, Jangan Panik Dulu!

Paling penting: Jangan panik!

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor bisa memicu kecelakaan fatal, salah satunya rem blong. Penyebabnya beragam, mulai dari minimnya perawatan, kanvas rem habis, hingga lalai mengecek minyak rem di balik kap mobil.

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika rem mendadak blong? 

1. Tetap tenang

3 Langkah Menghadapi Rem Blong, Jangan Panik Dulu!Unsplash/Axel Bantas Bergkvist

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat menyadari rem blong adalah tetap tenang. Jangan panik karena panik hanya akan membuat mu sulit mengendalikan situasi. So, tenang dulu.

Baca Juga: [BREAKING] Tabrakan Beruntun, Satu Orang Masih Terjepit di Dalam Mobil

2. Turunkan gigi secepat mungkin

3 Langkah Menghadapi Rem Blong, Jangan Panik Dulu!Pexels/Peter Fazekas

Langkah selanjutnya adalah segera turunkan gigi secara bertahap dari gigi tertinggi ke terendah. Penurunan gigi pada transmisi manual akan menciptakan engine brake, sehingga laju mobil pun akan semakin perlahan.

3. Tarik tuas rem tangan

3 Langkah Menghadapi Rem Blong, Jangan Panik Dulu!YourMechanic

Jika kondisi lalu lintas tak memungkinkan untuk menurunkan kecepatan secara perlahan, maka tak ada cara lain kecuali menarik tuas rem tangan. Langkah ini akan membuat mobil mu berhenti secara mendadak. 

Harap diingat berhenti secara mendadak bisa memicu terjadinya tabrakan beruntun. Karena itu perhitungkan kondisi lalu lintas dengan cermat sebelum memutuskan menarik tuas rem.

Namun akan lebih bijak jika kamu merawat rem secara berkala. Pastikan minyak rem dalam kondisi baik dan volumenya sesuai dengan anjuran dari pabrik, ya!

Baca Juga: Jangan Terlena di Jalan Tol, Ini 4 Tip Menghindari Tabrakan Beruntun

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya