Comscore Tracker

Sejarah Bengkel Ketok Magic dari Yogyakarta 

Kerjanya cepat dan murah

Jakarta, IDN Times - Mobil baret atau tertabrak motor sudah biasa terjadi di Jakarta dan kota besar lain. Sebab saat ini jalanan memang sudah sangat padat. Sehingga gesekan antarkendaraan menjadi sesuatu yang tak terhindarkan.

Karena itu kemudian muncul banyak bengkel reparasi bodi mobil. Bengkel-bengkel ini ahli membuat bodi yang bengkok menjadi lurus lagi dan cat yang baret jadi mulus lagi. Bengkel-bengkel ini sering disebut bengkel ketok magic.

Mereka biasanya hanya mengandalkan peralatan sederhana tapi hasilnya memuaskan dan relatif cepat pengerjaannya. Ada yang berspekulasi menyebut bengkel-bengkel tersebut menggunakan kekuatan magic. Tapi tak pernah ada bukti nyata.

Nah, berikut seluk beluk bengkel ketok magic yang perlu kamu ketahui seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Berawal dari Mbah Turut

Sejarah Bengkel Ketok Magic dari Yogyakarta Google Maps

Tak ada catatan pasti tentang asal usul bengkel ketok magic. Namun sejumlah sumber menyebutkan bengkel ini dipelopori oleh seorang mekanik serba bisa bernama Mbah Turut pada 1976. Mba Turut kemudian mewariskan ilmu ketok-ketok magicnya kepada Kusmanadi yang kemudian membuka bengkel 'Keteng Teter' di Yogyakarta pada 1984.

Dari bengkel 'Keteng Teter inilah istilah ketok magic jadi populer. Sebab pengerjaan bodi mobil dilakukan hanya dengan alat sederhana dan waktu pengerjaannya lumayan cepat. Keunikan lainnya adalah bengkel ketok magic biasanya selalu dikelilingi pagar tinggi sehingga tidak bisa diintip dari luar.

Bengkel Keteng Teter pun langsung berkibar. Tarif perbaikan yang murah menjadikan bengkel ini jadi langganan banyak pemilik mobil. Sehingga Kusmanadi kemudian memutuskan membuka bengkel ketok magic lagi di daerah Condet, Jakarta Selatan, pada 1988.

Baca Juga: Fakta Bursa Mobil Bekas, Mobil Keluarga Masih Jadi Idola

2. Benarkah memakai magic?

Sejarah Bengkel Ketok Magic dari Yogyakarta Google Maps

Dugaan banyak orang bahwa bengkel ketok magic menggunakan sihir dalam proses kerja mereka tak pernah terbukti. Sebab sepertinya para pekerja di bengkel ketok magic memang tidak menggunakan ilmu gaib.

Sebaliknya, mereka menggunakan alat-alat yang cukup sederhana, seperti palu, lamak, dan teter. Lamak adalah lempengan besi yang digunakan untuk menahan ketukan palu. Sementara teter adalah lempengan besi baja untuk menahan pukulan palu dari depan bodi mobil.

Semakin ke sini peralatan yang digunakan di bengkel ketok magic semakin canggih. Mereka kini antara lain juga menggunakan hair dryer! 

3. Tarif perbaikan menggiurkan

Sejarah Bengkel Ketok Magic dari Yogyakarta Google Maps

Beberapa bengkel ketok magic memasang tarif yang relatif murah untuk perbaikan. Untuk perbaikan minor, seperti baret atau pengok, biayanya sekitar Rp300 ribuan dengan durasi pengerjaan satu jam. Tarif akan semakin tinggi sesuai dengan tingkat kerusakan pada bodi mobil.

So, mau coba bengkel ketok magic?

Baca Juga: Mobil-mobil Imut Tapi Gesit, Harga Bekasnya Kurang dari Rp100 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya