Comscore Tracker

Suzuki Indonesia Diretas, Aktivitas Pabrik Sempat Terhenti 

Peretas diduga mengincar data konsumen

Jakarta, IDN Times - Pabrik Suzuki di Indonesia diretas pada Jumat (15/10/2021). Peretas diduga mencoba menerobos jaringan internal PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk mencuri data konsumen.

Akibat peratasan ini sebagian aktivitas pabrik mobil Suzuki terpaksa dihentikan selama dua hari kerja. 

1. Suzuki meminta maaf kepada konsumen

Suzuki Indonesia Diretas, Aktivitas Pabrik Sempat Terhenti IDN Times/Yohanes Nugroho

Presiden Direktur PT SIM/SIS, Shingo Sezaki, meminta maaf kepada semua konsumen atas terjadinya peristiwa peretasan yang berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan ini.

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada konsumen serta pihak terkait lainnya karena hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran," kata Presiden Direktur PT SIM/SIS, Shingo Sezaki, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga: 4 Alasan Suzuki All New Ertiga Jadi Mobil Pilihan Keluarga

2. Suzuki akan menggelar investigasi

Suzuki Indonesia Diretas, Aktivitas Pabrik Sempat Terhenti Ilustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Shingo Sezaki memastikan tidak ada kebocoran data dalam kasus ini sebab pihaknya telah melakukan langkah pengamanan dan pencegahan. Ia juga memastikan akan menggelar mengivestigasi untuk menyelidiki kasus peretasan ini.

"Kami telah dan akan terus memperkuat langkah-langkah terkait pengamanan data dan informasi konsumen di PT SIM/SIS," kata Shingo Sezaki.

3. Pabrik Suzuki sudah beroperasi lagi

Suzuki Indonesia Diretas, Aktivitas Pabrik Sempat Terhenti potret Suzuki Ignis (suzuki.co.id)

Saat ini pabrik Suzuki sudah beroperasi kembali. Seperti diketahui, Suzuki Indomobil Motor (SIM) merupakan manufaktur Suzuki di Indonesia, sedangkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) berperan sebagai Agen Pemegang Merek (APM).

SIM memiliki empat lokasi pabrik yakni Tambun Plant I untuk motor, Tambun Plant II untuk perakitan mobil, Cikarang Plant untuk komponen bodi, perakitan mobil, manufaktur, perakitan mesin dan transmisi mobil, dan yang keempat adalah pabrik Cakung untuk mesin mobil, motor dan transmisi

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Suzuki All New Ertiga

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya