Comscore Tracker

Suzuki Wagon Listrik Segera Meluncur 

Dibanderol mulai Rp190 jutaan

Jakarta, IDN Times - Suzuki akan meluncurkan mobil listrik pada 2021 di India. Mobil yang dikembangkan dari Suzuki Karimun Wagon R ini kabarnya akan dijual dengan harga yang sangat bersahabat, yakni Rp190 jutaan. 

Saat ini Maruti Suzuki India Limited (MSIL) sedang melakukan uji coba terhadap 100 unit mobil listrik tersebut sebelum dipasarkan. 

1. Desain mobil listrik Suzuki

Suzuki Wagon Listrik Segera Meluncur Suzuki.co.id

Mobil ini akan menjadi mobil listrik pertama Suzuki di India. Kabarnya mobil listrik ini sudah dilengkai dengan sistem pencahayaan lampu proyektor lengkap dengan Lampu LED Daytime Running Light (DRL). Tersedia juga lampu kabut yang menempel pada bumper depan.

Sementara bagian interior dilengkapi sistem infotainmen touchscreen smartplay dengan fitur apple carplay dan android auto. Asyiknya lagi baterai mobil ini bisa isi ulang hingga 80 persen dalam waktu kurang dari satu jam saja. Oya, jarak tempuh mobil ini bisa mencapai 130 km untuk sekali pengisian penuh.

Baca Juga: Deretan Mobil Imut Ini Ternyata Bermesin Listrik 

2. Menyasar pasar Jepang dan Eropa

Suzuki Wagon Listrik Segera Meluncur Suzuki Karimun Wagon R (youtube.com/AutonetMagz)

Selain India, mobil listrik Suzuki juga akan dipasarkan di Jepang dan Eropa. Suzuki cukup optimistis mobil mereka akan laris manis karena banderolnya sangat murah, bahkan bisa dibilang termurah di kelasnya.

India sendiri menjadi target pertama mereka karena pasar mobil di sana sangat besar, yakni kelima terbesar di dunia. Pasar yang sangat menggiurkan, tak mengejutkan jika Suzuki begitu optimistis.  

Bahkan Suzuki juga berencana memproduksi baterai lithium-ion di India dengan menggandeng dua pabrikan besar lain, yakni Denso dan Toshiba.

3. Mobil listrik Suzuki berpeluang masuk Indonesia

Suzuki Wagon Listrik Segera Meluncur (Ilustrasi PT Hyundai Engineering & Construction) Yonhap

Belum ada informasi apakah Suzuki nantinya akan memboyong Karimun Wagon R listrik ini ke Indonesia. Namun melihat pasar Indonesia yang sangat gemuk, besar kemungkinan mobil ini akan dibawa ke tanah air.

Sebab pangsa mobil listrik di sini juga masih terbuka lebar. Saat ini baru Hyundai dan Nissan yang secara serius menggarap pasar mobil listrik di tanah air. Nissan hadir dengan LEAF sementara Hyundai dengan Ioniq dan Kona Electric. So, kita tunggu aja gebrakan mobil listrik Suzuki.

Baca Juga: Dear Suzuki, Kapan 3 Motor Suzuki Ini Masuk Indonesia?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya