Comscore Tracker

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu Panther

Isuzu Panther dikenal sebagai mobil yang 'bandel'

Jakarta, IDN Times - Kalau kebanyakan orang kesal karena harus bolak-balik ke bengkel mengurus mobilnya yang rusak, maka lain hal dengan Agung Fatma.

Pegawai swasta berusia 30 tahun ini justru 'kesal' karena mobilnya jarang sekali rusak. Padahal mobilnya sudah berusia hampir 17 tahun.

"Ini mobil badak banget," kata Agung sambil menunjuk Isuzu Panther berwarna biru muda, Rabu (11/4).

Isuzu Panther memang terkenal badak atau bandel. Dua kata terakhir adalah istilah yang biasa digunakan orang bengkel untuk menyebut mobil yang jarang rusak.

Faktor bandel inilah yang membuat Isuzu Panther masih banyak berkeliaran di jalanan, meski banyak dari mobil tersebut sudah masuk kategori motuba alias mobil tua bangka.

Selain bandel, Isuzu Panther punya keunggulan lain yang membuatnya masih terus eksis hingga kini. Berikut di antaranya:

1. Mesin dan sasis yang tangguh

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu PantherInstagram/@agungfatma

Isuzu Panther generasi pertama keluar pada 1991. Panther generasi ini --dan beberapa generasi berikutnya-- dirakit di Pulogadung, Jakarta Utara.

Menggendong mesin berkode TBR 52 2300cc dengan sistem pembakaran karburator, Panther generasi pertama ini langsung klop dengan kondisi jalanan dan cuaca di tanah air.

Maklum, Isuzu memang secara khusus mengembangkan Panther di Indonesia. Tak mengejutkan jika mobil satu ini tetap awet meski diajak naik turun gunung dan melibas jalan jalan berkerikil hingga berlumpur atau semi offroad.

"Odomoter Panther gue sekarang udah hampir menyentuh 400 ribu kilometer," kata Agung.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Mobil Diesel Tetap Jadi Pilihan

2. Konsumsi bahan bakar yang sangat irit

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu PantherInstagram/@agungfatma

Masih ingat iklan Isuzu Panther ketika pertama kali dirilis? Yak, saat itu Isuzu mengklaim perjalanan dari Jakarta menuju Denpasar Bali dengan menggunakan Panther hanya membutuhkan Rp44 ribu.

Bukan semata klaim. Sebab Panther memang terkenal sangat irit. Selain itu mobil satu ini juga tak menuntut oktan yang tinggi. "Cukup isi biosolar saja, mobil sudah bisa diajak jalan jauh," kata Agung.

3. Banjir? No problem

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu PantherInstagram/@agungfatma

Kelebihan lain Isuzu Panther adalah kemampuannya melahap banjir. Ini, antara lain, karena ground clearance Panther yang lumayan tinggi.

Selain itu, tentu saja, karena Panther adalah mobil bermesin diesel yang tidak membutuhkan busi. Sehingga menerjang banjir yang relatif tinggi pun masih aman.

4. Bisa menampung hingga 8 penumpang

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu PantherInstagram/@agungfatma

Dengan Isuzu Panther, kamu bisa mengangkut 8 orang sekaligus. Memang agak kurang nyaman, namun jangan cemaskan soal mesin.

Sebab, meski terisi full, Panther tetap kuat diajak lari, meski tak bisa terlalu kencang. Paling tidak, mobil satu ini gak akan ngeden saat diajak melibas tanjakan.

Sebab mesin diesel Panther mampu menyemburkan torsi yang lumayan besar. Sehingga tak perlu usaha ekstra untuk melewati tanjakan.

5. Sparepart murah meriah, ada di mana-mana

Tetap Eksis Hingga Kini, Ini 5 Keunggulan Isuzu PantherInstagram/@agungfatma

Keunggulan lain Isuzu Panther adalah sparepartnya yang murah dan ada di mana-mana. Sehingga, kalau sewaktu-waktu mogok di jalan, kamu bisa melipir ke bengkel di pinggir jalan. Alasan ini juga yang membuat banyak pengguna Panther enggan menjual mobil mereka.

Kalau kamu, apa cerita mobilmu?

Baca Juga: Cerita Vespa: Serunya Komunitas Vesplore Menjelajah Indonesia Timur

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You