Comscore Tracker

Tips Menawar Mobil Bekas 

Jangan takut menawar sadis

Jakarta, IDN Times - Membeli mobil bekas memang bisa jadi opsi kalau danamu terbatas. Sebab harga mobil bekas pasti jauh lebih murah dari harga mobil baru. Selain itu membeli mobil bekas secara tunai juga lebih ringan secara finansial dibandingkan mencicil mobil baru.

Tapi itu dengan catatan mobil bekas yang kamu beli tidak bermasalah, baik mesin mau pun legalitasnya. Karena itu pastikan mobil bekas incaranmu dalam kondisi prima dan lengkap surat-suratnya. Setelah itu lakukan penawaran.

Nah, berikut lima trik menawar mobil bekas seperti dikutip dari Lifepal. 

1. Lakukan tes drive dulu lalu sebutkan kekurangan mobil ke penjual

Tips Menawar Mobil Bekas unsplash.com/NeONBRAND

Sebelum melakukan penawaran, sebaiknya minta penjual melakukan test drive. Ini penting agar kamu bisa merasakan langsung performa mobil yang ingin kamu beli. Selain itu kamu juga bisa mengetahui kekurangan mobil tersebut.

Setelah kamu mengetahui kekurangan mobil tersebut, sampaikan semua kekurangan itu kepada penjual. Sampaikan juga kisaran harga untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut. Dengan begitu siapa tahu penjual akan mengurangi harga jual mobilnya.

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Suzuki All New Ertiga

2. Jangan sungkan menawar

Tips Menawar Mobil Bekas theaa.com

Penjual mobil pasti mengambil untung dari mobil yang dijualnya. Itu wajar saja dan memang seharusnya begitu. Namanya juga penjual. Karena itu, kalau harga yang ditawarkan penjual kelewat tinggi, jangan ragu atau sungkan untuk menawar secara sadis. Namun lakukan penawaran secara sopan, ya. 

3. Jangan terlalu excited

Tips Menawar Mobil Bekas moneycrashers.com

Jangan terlalu excited saat melihat mobil bekas incaranmu. Sebaliknya bersikaplah biasa saja. Sebab sikap terlalu excited akan membuat penjual di atas angin. Karena itu pasanglah wajah datar dan bersikaplah seperti seorang inspektor. Teliti semua bagian mobil, bahkan kalau perlu cek juga kolong mobil.

Jangan lupa ajak penjual mengecek mobil ke bengkel resmi. Kamu juga bisa menggunakan jasa inspeksi mobil yang kini banyak tersedia. Langkah ini penting untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh.

4. Jangan terlalu ngoyo

Tips Menawar Mobil Bekas welcome-center-germany.com

Membeli mobil bekas memang memerlukan kesabaran. Sebab kamu harus mencari mobil yang pernah digunakan orang lain. Butuh ketelitian dan kejelian. Karena itu jangan terlalu ngoyo.

Kalau kamu sudah sreg dengan satu mobil tapi harganya tidak cocok, ya sudah cari mobil lain. Jangan sampai melebihi budget yang sudah kamu tetapkan. Inget penjual mobil tidak hanya satu dan mobil bekas itu banyak banget populasinya.

So, sekali lagi, jangan terlalu ngoyo. Sebab sikap ini justru akan membuat pedagang semakin menahan harga jualnya

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya