Comscore Tracker

Tips Merawat Mobil Turbo dari Rifat Sungkar

Musuh turbo adalah panas

Jakarta, IDN Times - Mobil bermesin turbo memang menggiurkan. Sebab, selain menawarkan performa, mesin turbo juga relatif lebih irit bahan bakar dibandingkan mesin Naturally aspirated (NA).

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mesin turbomu awet. Nah, berikut beberapa tips merawat mesin turbo dari Rifat Sungkar selaku duta merek Mitsubishi Indonesia.    

1. Jangan abaikan temperatur mesin

Tips Merawat Mobil Turbo dari Rifat SungkarNew Pajero Sport. (mitsubishi-motors.co.id)

Rifat mengatakan musuh utama mesin turbo adalah panas. Karena itu kamu harus ekstra memperhatikan temperatur mesin. Jangan paksakan mesin yang sudah panas bekerja lebih ekstra.

"Mobil turbo musuhnya cuma satu yaitu panas. Kalau mobil turbo dipakai jalan panjang, rileks dulu supaya temperatur normal," kata Rifat beberapa hari lalu.

Selain bisa menurunkan performa mesin, temperatur yang kelewat tinggi pada mesin juga akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Turbo 

2. Biaya perbaikan mahal

Tips Merawat Mobil Turbo dari Rifat SungkarDok. IDN Times/Istimewa

Rifat juga menyarankan pemilik mesin turbo untuk melakukan perawatan secara benar. Sebab salah perawatan bisa membuatmu harus merogoh kocek lebih dalam untuk biaya perbaikan. 

"Biayanya bisa mahal (jika rusak). Maka usahakan suhunya diatur, gunakan coolant yang baik," katanya.

3. Jangan langsung mematikan mesin

Tips Merawat Mobil Turbo dari Rifat Sungkarvideoblocks

Rifat menyarankan pemilik mobil bermesin turbo menggunakan pelumas yang memang didesain khusus untuk mesin turbo. Sebab pelumas yang tepat akan secara sempurna meredam panas akibat gesekan antarkomponen mesin.

"Tugas pelumas juga cukup berat. Salah pelumas membuat perputaran mesin berat dan temperatur naik, maka turbo akan membuat konsumsi BBM tinggi," kata dia.

Oya, Rifat juga menyarankan pengguna tidak langsung mematikan mesin dalam kondisi panas. Sebaiknya tunggu beberapa waktu sehingga mesin punya untuk cooling down sebelum benar-benar dimatikan.

Baca Juga: Deretan Mobil Kecil Bermesin Turbo

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya