Comscore Tracker

Tiga Lawan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Tangguh? 

Persaingan di dunia compact SUV semakin panas

Jakarta, IDN Times - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur di Indonesia pada 30 April 2021. Kehadiran dua mobil kembar ini langsung menyedot perhatian publik otomotif tanah air. Sebab, dengan harga yang murah, Raize dan Rocky ternyata bertabur fitur. Selain itu desain kedua mobil ini juga sangat imut tapi sporty.

Apalagi Rocky dan Raize juga masuk dalam program relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), membuat harganya jadi lebih murah. Tapi bertarung di kelas compact sport utility vehicle (SUV) tanah air jelas bukan perkara mudah. Sebab persaingan di kelas ini sangat sengit karena beberapa pabrikan lain sudah lebih dulu mengeluarkan compact suv.

Lantas siapa saja lawan-lawan yang dihadapi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky? Berikut beberapa di antaranya.

1. KIA Seltos

Tiga Lawan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Tangguh? kia.com

KIA Sonet bisa jadi penantang paling serius. Sebab mobil ini bertabur fitur dan ada pilihan 7 seaternya. Selain itu KIA Sonet juga sama compact-nya dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Sonet antara lain dibekali fitur enam titik airbags, ABS+EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control (HAC), dan Emergency Stop Signal (ESS). Selain itu mobil ini juga hadir dengan mesin Smartstream Gamma II empat silinder 1.500 cc, DOHC Dual CVVT yang sangat powerful.

Mesin tersebut bisa menghasilan tenaga hingga 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. KIA membanderol Sonet Rp193-Rp 289 juta. Sangat menggiurkan, kan?

Baca Juga: All New KIA Seltos, Compact SUV Paling Bertenaga! 

2. Chevrolet Trax

Tiga Lawan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Tangguh? Dok. IDN Times/Agung Fatma

Salah satu compact SUV lainnya yang patut kamu pertimbangkan adalah Chevrolet Trax. Mobil satu ini hadir dengan desain yang sangat elegan dan bertabur fitur kekinian.

Di balik kap depannya tersimpan mesin turbo dengan tenaga 140 ps pada 4900 rpm dengan torsi puncak 200 Np pada 1.850 rpm. Sangat bertenaga.

Keunggulan lain mobil ada pada desain interiornya yang cukup lapang dan mewah serta fitur-fitur kekiniannya, seperti lampu DRL LED, pengereman ABS.

Sayangnya Chevrolet sudah minggat dari tanah air, sehingga kamu hanya bisa membeli Trax di bursa mobil bekas mulai Rp160 jutaan.

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Chevrolet Trax, SUV Mini Bertenaga Badak

3. Suzuki Ignis

Tiga Lawan Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Siapa Lebih Tangguh? suzuki.co.id/

Pilihan compact SUV adalah Suzuki Ignis. Mobil imut ini dibanderol murah, yakni Rp175,5-Rp 204,5 juta on the road Jakarta dan sekitarnya.

Meski dimensinya cukup imut untuk ukuran SUV, namun Ignis bisa mengangkut 5 orang, lho. Bagasinya juga lumayan lapang, sehingga masih nyaman diajak berpergian jarak jauh.

Mobil ini juga telah dibekali rem cakram berventilasi di bagian depan, ABS, dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Sementara mesinnya mampu memuntahkan tenaga sebesar 83 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Baca Juga: Harga Toyota Raize Bakal Lebih Murah dari Rush? Calon Primadona Baru! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya