Comscore Tracker

Trik Menawar Mobil Bekas, Biar Pedagang Gak Sok Jual Mahal

Membeli mobil bekas itu kadang seperti mencari jodoh

Jakarta, IDN Times - Membeli mobil bekas memang jadi opsi paling masuk akal buat kamu yang berdana pas-pasan tapi gak mau kredit. Sebab harga mobil bekas jauh di bawah harga mobil baru, tentu saja.

Selama kamu jeli saat memilihnya, membeli mobil bekas bisa sangat menguntungkan. Untuk itu kamu bisa mengajak montir atau menggunakan jasa inspector untuk mengecek mobil bekas incaranmu.

Kalau kondisi mobil tersebut cukup oke, langkah berikutnya adalah tawar-menawar. Nah, berikut trik menawar mobil bekas seperti dikutip dari Lifepal supaya dapat harga semurah mungkin.

1. Lakukan tes drive lalu sampaikan kekurangan mobil ke penjual

Trik Menawar Mobil Bekas, Biar Pedagang Gak Sok Jual Mahalunsplash.com/Neonbrand

Saat melakukan pengecekan, jangan hanya melihat kap mesin. Kamu juga harus melakukan test drive. Ini penting agar kamu bisa mengecek semua bagian mobil. Sebab, dengan test drive, kamu akan tahu apakah mesinnya masih cukup langsam dan halus.

Selain itu kamu juga bisa merasakan getaran mesin ke kabin sekaligus mengecek suspensi mobil tersebut. Jika ada kekurangan, sampaikan semua kekurangan tersebut ke penjual. Akan lebih baik jika kamu mengetahui kisaran harga suku cadang yang kemungkinan akan kamu keluarkan untuk mengganti sparepart bermasalah pada mobil tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan penawaran sesuai dengan kekurangan-kekurangan yang ada pada mobil tersebut. Semakin banyak kekurangan yang kamu temukan, semakin besar pula kamu bisa menawar mobil tersebut.

Tapi ingat, jangan mencari-cari kekurangan ya!

Baca Juga: 5 Mobil Bekas Terbaik Buat Jadi Mobil Pertamamu 

2. Jangan terlalu terlihat butuh dan tertarik

Trik Menawar Mobil Bekas, Biar Pedagang Gak Sok Jual MahalDok IDN Times/Soulmate Auto

Tips berikutnya adalah jangan terlihat terlalu tertarik atau membutuhkan mobil tersebut. Sebab semakin kamu terlihat tertarik, semakin pedagang akan bersikap sok jual mahal.

Karena itu bersikaplah biasa saja saat menawar, meski kamu sebenarnya sangat tertarik dengan mobil incaranmu itu. So, sebelum meluncur ke bursa mobi bekas, sebaiknya teguhkan dulu pertahanan psikologismu.

3. Jangan memaksa kalau memang tidak jodoh

Trik Menawar Mobil Bekas, Biar Pedagang Gak Sok Jual MahalGoogle Maps

Ada istilah yang mengatakan mencari mobil itu seperti mencari jodoh. Ungkapan tersebut ada benarnya. Sebab bisa jadi kamu sudah suka banget sama satu mobil tapi gak berjodoh alias gak kebeli karena beberapa alasan.

Karena itu jangan terlalu memaksakan diri kalau ternyata mobil bekas incaranmu jauh di luar jangkauanmu. Di luar jangkauan di sini bisa mobil tersebut terlalu mahal atau mobil tersebut terlalu banyak problemnya.  

So, bersikaplah sewajarnya. Toh, kalau memang jodoh, gak akan ke mana- mana, kan? 

Baca Juga: 5 Mobil Sedan Bekas Harga Dibawah Rp30 Juta  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya