Comscore Tracker

WFH Segera Berakhir, Cek Bagian Kendaraan Ini Sebelum Ngegas Lagi

Biar kendaraanmu juga sehat

Jakarta, IDN Times - Masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah sepertinya akan segera berakhir. Artinya masa-masa bekerja dari rumah pun akan jadi kenangan.

Kendaraan yang selama beberapa bulan ini hanya jadi pajangan di garasi pun harus berjibaku lagi melawan kemacetan. Nah, sebelum menggunakan kendaraan lagi, ada baiknya kamu mengecek beberapa poin berikut.

1. Tekanan ban

WFH Segera Berakhir, Cek Bagian Kendaraan Ini Sebelum Ngegas LagiIDN Times/IDN Times

Perhatikan ban mobil atau motormu. Sebab tekanan ban pada kendaraan yang lama tak dipakai biasanya akan berkurang dengan sendirinya.

Pastikan ban mobil atau motormu sesuai dengan yang direkomendasikan. Tambah angin jika memang diperlukan. Yang pasti jangan berkendara dengan kondisi ban kempes, ya.

Sebab, selain membuat boros bahan bahar dan bikin berat kemudi, ban kempes juga bisa membuat laju mobil menjadi tidak stabil.

2. Cek kondisi oli

WFH Segera Berakhir, Cek Bagian Kendaraan Ini Sebelum Ngegas LagiIDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum memanaskan mobil, cek dulu kondisi oli mobil atau motormu. Caranya buka kap mobil lalu tarik stick olinya.

Pada batang stick tersebut ada ukuran oli. Pastikan volume olimu pas alias tidak berlebih atau berkurang. Pastikan juga penggunaan olimu tidak lebih dari 5 ribu km untuk mobil dan seribu km untuk motor.

3. Sudah cek air radiator?

WFH Segera Berakhir, Cek Bagian Kendaraan Ini Sebelum Ngegas Lagi(IDN Times/Dwi Agustiar)

Bagian lain yang perlu kamu cek adalah radiator. Kamu bisa mengintip apakah air radiatormu berkurang atau tidak dengan membuka tangki radiator.

Pada tangki tersebut biasanya ada petunjuk apakah air radiatormu cukup atau malah berkurang. Pada mobil atau motor yang sudah cukup tua, biasanya air radiator suka berkurang sendiri.

4. Panaskan mesin sebelum ngegas

WFH Segera Berakhir, Cek Bagian Kendaraan Ini Sebelum Ngegas LagiIDN Times/Dwi Agustiar

Langkah berikutnya adalah memanaskan mesin mobil. Ini penting sebab selama mobil didiamkan selama beberapa waktu, maka oli yang semula melapisi mesin akan menetas ke bawah.

Memanaskan mesin akan membuat oli tersebut kembali naik ke mesin dan melapisinya. So, jangan langsung menggeber mobil yang sudah lama tidak dipakai, ya!

Baca Juga: Tetap Tenang Meski WFH, 5 Tip Biar Mobil Gak Jadi Sarang Tikus

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya