Comscore Tracker

Honda Akan Bawa Mobil Elektrifikasi Tahun Depan, Langsung Dua Model!

Kira-kira mobil hybrid apa, ya?

Jakarta, IDN Times - Honda dikabarkan berencana untuk memperkenalkan mobil elektrifikasinya di tahun 2023, enggak tanggung-tanggung langsung dua model yang akan ditunjukkan nantinya. Mobil yang akan dibawa nanti ternyata belum full listrik, melainkan model e:HEV yang berteknologi hybrid.

Bagi Honda, teknologi hybrid yang dipakai pada model e:HEV akan menjadi jembatan transisi menuju elektrifikasi sepenuhnya di masa mendatang. Bukan cuma dua model hybrid di tahun depan, Honda juga akan terus memperkenalkan model-model elektrifikasi lainnya di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia, sejalan dengan target Honda mencapai netralitas karbon pada tahun 2050.

1. Honda targetkan akan mencapai elektrifikasi total pada 2040

Honda Akan Bawa Mobil Elektrifikasi Tahun Depan, Langsung Dua Model!Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2022 (dok. HPM)

Honda menargetkan akan mencapai elektrifikasi 100 persen untuk semua modelnya secara global, pada tahun 2040 nanti. Dan setidaknya akan ada 30 model berbasis elektrik secara global sampai tahun 2030, dengan total produksi 2 juta unit per tahunnya.

Menurut Honda, teknologi hybrid menjadi jembatan yang pas untuk beralih ke kendaraan full listrik. "Kami menilai bahwa teknologi hybrid merupakan jembatan yang tepat sebagai transisi dari teknologi mesin berbahan bakar minyak menuju elektrifikasi sepenuhnya, karena memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengenal dan membiasakan diri dengan teknologi baterai," kata Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor (HPM) (15/8/2022).

Baca Juga: Bahas 2 Mobil Full Listrik KIA di GIIAS 2022, Desainnya Futuristis

2. Cara kerja sistem e:HEV Honda

Honda Akan Bawa Mobil Elektrifikasi Tahun Depan, Langsung Dua Model!Sistem kerje e:HEV Honda (dok. HPM)

Sistem e:HEV terdiri dari empat komponen utama, yakni Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), Intelligent Power Unit, dan Power Control Unit. Atkinson Cycle Engine ialah mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan tenaga kepada motor generator sehingga dapat menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai. Selanjutnya putaran mesin diteruskan oleh motor generator yang ada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dan mengisi daya baterai.

Sementara motor drive dalam e-CVT berguna untuk mentransfer putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, dan menghasilkan daya listrik ketika deselerasi. Sistem e:HEV memiliki tiga mode berkendara, yang akan berganti secara otomatis sesuai dengan kondisi pengendaraan dan beban mesin.

3. Honda pamerkan CR-V Hybrid dan Accord Hybrid di GIIAS 2022

Honda Akan Bawa Mobil Elektrifikasi Tahun Depan, Langsung Dua Model!Dua model e:HEV Honda (dok. HPM)

Menurut Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT HPM, sistem e:HEV enggak berbeda jauh dari sisi pengendaraan sampai perawatannya dibandingkan mobil bensin biasa. "Meskipun demikian, sistem hybrid sudah dapat secara signifikan memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan," katanya.

Di ajang GIIAS 2022 ini, Honda juga memamerkan dua model e:HEV yaitu Honda CR-V Hybrid dan Honda Accord Hybrid. Keduanya dibawa karena saat ini sudah dipasarkan dan sukses di pasar berbagai negara. Oya, pengunjung juga berkesempatan untuk mencoba CR-V e:HEV ini di area test drive GIIAS 2022.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya