Comscore Tracker

Hyundai Stargazer Tipe Active Gak Pakai AC Double Blower, Ini Gantinya

Untuk tiga tipe lainnya sudah dapat AC double blower

Jakarta, IDN Times - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang baru-baru ini meresmikan MPV keluarga terbarunya, yaitu Stargazer. Hyundai Stargazer memiliki empat varian, mulai dari Active, Trend, Style, dan tertinggi varian Prime.

Keempat varian tersebut memiliki fitur dan harga yang berbeda-beda, untuk tipe Active dijual mulai dari Rp243,3 juta (MT) dan Rp255,9 juta (IVT). Lalu tipe Trend dijual mulai Rp263,3 juta (MT) dan Rp275,9 juta (IVT), selanjutnya tipe Style dijual Rp296,3 juta dan tertinggi tipe Prime dengan harga Rp307,1 juta.

1. Tipe terendah enggak dibekali dengan AC double blower

Hyundai Stargazer Tipe Active Gak Pakai AC Double Blower, Ini GantinyaDouble blower pada Hyundai Stargazer (IDN Times/Fadhliansyah)

Salah satu fitur yang membedakan pada Hyundai Stargazer tipe terendah, yaitu Active, ialah absennya AC double blower. Hal ini pernah dijelaskan oleh Sugiartono, Technical Manager Before Service Department PT HMID beberapa waktu yang lalu (4/8/2022).

"Kami ingin konfirmasi kalau di tiga trim teratas terdapat roof Air Conditioner (AC), di mana ada evaporatornya sehingga dapat menghasilkan udara yang dingin, bukan blower saja seperti yang terdapat di trim Active atau tipe terendah saja," jelas dia. Di kesempatan yang sama, Sugiartono juga sempat memperlihatkan komponen evaporator untuk double blower Stargazer.

Baca Juga: First Drive Hyundai Stargazer, Bantingan Suspensinya Nyaman!

2. Digantikan dengan air circulation

Hyundai Stargazer Tipe Active Gak Pakai AC Double Blower, Ini GantinyaEvaporator double blower Hyundai Stargazer (IDN Times/Fadhliansyah)

Meskipun begitu, pada tipe terendah terlihat masih dilengkapi dengan kisi-kisi udara di atas baris kedua. Kisi-kisi tersebut berfungsi sebagai air circulation, yang menyemburkan hawa dingin dari AC di sisi depan.

"Tidak ada evaporator, jadi double blower hanya menghembuskan udara angin. Suhunya mengikuti udara kabin yang diisap dan dihembuskan lewat kisi-kisi fan," kata Sugiartono.

3. Hyundai Stargazer sudah catatkan lebih dari 1.500 SPK

Hyundai Stargazer Tipe Active Gak Pakai AC Double Blower, Ini GantinyaBantingan suspensinya pas banget buat keluarga (IDN Times/Fadhliansyah)

HMID memang sudah membuka keran pemesanan Hyundai Stargazer sejak pertengahan Juli 2022 lalu. Dan sampai awal Agustus 2022 kemarin, Stargazer sudah mencatatkan lebih dari 1.500 unit.

Dan dari 1.500 SPK itu, tipe Stargazer yang paling banyak dipesan oleh konsumen ialah tipe Prime dengan konfigurasi captain seat dan single tone.

Baca Juga: Ramai Dilirik, Hyundai Stargazer Sudah Dipesan 1.500 Unit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya