Comscore Tracker

Laku 90 Ribu Unit di Semester 1 2022, Daihatsu Bertahan di Posisi ke-2

Penjualan mobil apa nih yang paling banyak?

Jakarta, IDN Times - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja mengumumkan laporan penjualan mobilnya pada semester 1 (Januari-Juni) 2022. Secara nasional, pasar otomotif mencatat penjualan ritel sekitar 465 ribu unit.

Angka tersebut naik sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021, sekitar 387 ribu unit. Sementara pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap berada di posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional.

Penjualan mobil Daihatsu pada Januari-Juni 2022 mencapai lebih dari 90 ribu unit atau mengalami kenaikan sekitar 35 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

1. Daihatsu mempertahankan posisi kedua

Laku 90 Ribu Unit di Semester 1 2022, Daihatsu Bertahan di Posisi ke-2PT Astra Daihatsu Motor

Hal itu membuat persentase kenaikan penjualan Daihatsu lebih besar, kalau dibandingkan dengan pasar otomotif nasional.

"Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris Daihatsu, Sigra Masih Juara! 

2. Tiga mobil Daihatsu terlaris

Laku 90 Ribu Unit di Semester 1 2022, Daihatsu Bertahan di Posisi ke-2Melihat ubahan-ubahan baru pada Daihatsu Sigra (IDN Times/Fadhliansyah)

Bukan hanya itu, Daihatsu juga mengalami peningkatan market share sebesar 2,2 persen menjadi 19,3 persen. FYI, pada YTD Juni 2021 market share Daihatsu sebesar 17,3 persen.

Penjualan ritel Daihatsu masih didominasi oleh 3 model, yang pertama Sigra sebanyak 22.282 unit (24,5 persen), lalu Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 21.162 unit (23,3 persen), dan Xenia dengan raihan 11.779 unit (13 persen).

3. Daihatsu baru memberi penyegaran pada Sigra

Laku 90 Ribu Unit di Semester 1 2022, Daihatsu Bertahan di Posisi ke-2PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan produk baru yaitu Daihatsu Sigra Facelift 2022. (IDN Times/Fadhliansyah)

Beberapa waktu lalu (7/7/2022), PT ADM baru saja memberikan penyegaran pada produk unggulannya yaitu Daihatsu Sigra. Peluncuran mobil ini dilakukan di sebuah pusat perbelanjaaan di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Daihatsu Sigra terbaru ini sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan dibandingkan versi sebelumnya, secara desain keseluruhan dan mesin yang diusung masih sama persis. Perubahan yang dilakukan Daihatsu ada pada Sigra antara lain pada bagian eksterior dan interior.

Baca Juga: 5 Komparasi Daihatsu Sirion vs Honda Brio, Siapa Terbaik?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya