Comscore Tracker

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih Tenang

Salah satunya bikin hati jadi lebih tenang saat berkendara

Jakarta, IDN Times - Sebagai pemilik kendaraan seperti mobil, sudah pasti hati akan lebih tenang saat dilindungi oleh asuransi. Karena asuransi mobil akan memberikan ganti rugi ketika mobil mengalami berbagai kerusakan. Mulai dari terendam banjir sampai kerusakan akibat kecelakaan.

Duitpintar.com sebagai pialang asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, menjelaskan lebih lanjut soal manfaat asuransi mobil.

Setidaknya, ada tujuh manfaat yang bisa kamu rasakan kalau menggunakan asuransi mobil.

1. Memberikan ketenangan batin

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangAsuransi mobil (Duitpintar)

Dengan mengetahui adanya asuransi yang akan menanggung biaya kerusakan pada kendaraan, tentu membuat hati lebih tenang saat berkendara sehari-hari.

Tetapi bukan berarti punya asuransi menjadi alasan untuk kamu tidak berhati-hati dalam berkendara, ya.

Baca Juga: Cara Memilih Bengkel Rekanan Asuransi untuk Servis Mobil

2. Menjadi solusi finansial saat terjadi kerugian

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih Tenangilustrasi seseorang memegang uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Perbaikan mobil memang tidak murah, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Malah bisa lebih banyak lagi kalau misalnya mobil kesayangan sampai dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tetapi kalau mobil kamu sudah terproteksi, maka nilai kerugian itu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

3. Bisa mengatur keuangan lebih baik

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangIlustrasi tabungan (IDN Times/Umi kalsum)

Kalau sampai mobil mengalami kecelakaan atau misalnya mogok karena terendam banjir, sudah pasti biaya perbaikannya enggak akan murah, dan tentu saja mengganggu keuangan kamu. Kamu bisa saja memakai uang tabungan atau dana darurat untuk memperbaiki mobil.

Tapi, dengan adanya asuransi pada mobil kamu, maka kamu enggak perlu yang namanya memakai dana pribadi untuk memperbaiki mobil. Karena biaya perbaikan akan ditanggung asuransi.

4. Lebih praktis saat terjadi kerugian

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangMobil rusak pada bagian depan saat dibawa trul derek. IDN Times/Alfi Ramadana

Beberapa pilihan polis asuransi mobil memberikan layanan berupa penjemputan mobil yang mengalami kerusakan, artinya kamu enggak perlu repot-repot membawa mobil ke bengkel rekanan.

Tinggal menelepon ke pihak asuransi untuk mengajukan klaim, dan mobil yang diasuransikan akan dijemput ke tempat kamu. Setelah proses perbaikan selesai, mobil kamu akan diserahkan kembali ke lokasi sesuai yang tercantum dalam polis. Enak banget, kan?

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi buat Perawatan COVID-19, Jeli Cek Poin Ini ya!

5. Ada manfaat fitur layanan tambahan lain

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangIlustrasi Taksi Online (IDN Times/Sukma Shakti)

Ada juga polis asuransi mobil yang memberikan manfaat asuransi kendaraan berupa pertanggungan biaya rental dan derek. Itu artinya selama mobil kamu diperbaiki di bengkel rekanan, pihak asuransi akan memberikan pertanggungan biaya untuk rental mobil atau taksi dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama dalam polis.

Enggak hanya itu, kalau mobil mengalami mogok di jalan, pihak asuransi akan memberikan layanan derek gratis sesuai dengan ketentuan polis.

6. Manfaat saat mengalami kecelakaan

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Seperti diketahui, angka kecelakaan di kota besar seperti Jakarta memang tinggi. Pada tahun 2018 lalu, Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan jumlah kecelakaan di wilayah Jakarta mencapai 4.156 kasus.

Dengan adanya asuransi kendaraan, biaya kerugian saat terjadi kecelakaan pada mobil akan dicover pihak asuransi. Malah beberapa polis asuransi juga memberikan manfaat asuransi kecelakaan diri sekaligus. Artinya biaya perawatan rumah sakit penumpang dan pengemudi juga akan dicover asuransi.

7. Menjaga nilai kendaraan

Manfaat Pakai Asuransi Mobil, Bikin Lebih TenangDok. BMW Astra Used Car

Manfaat yang satu ini memang sangat penting, terutama bagi kamu yang berencana untuk menjual mobil dalam beberapa tahun ke depan.

Karena nilai kendaraan akan turun kalau ada kekurangan seperti penyok, baret, dan lain sejenisnya. Karena itu, asuransi bisa membantu menjaga nilai kendaraan dengan memastikan mobil kamu dalam kondisi yang terbaik.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya