Comscore Tracker

Padahal Baru Meluncur, Innova Zenix Sudah Laris Nyaris 4.000 Unit

Varian hybrid paling banyak peminatnya

Jakarta, IDN Times - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memang baru saja menjual All New Kijang Innova Zenix pada 21 November 2022 lalu. Selang beberapa pekan setelah resmi meluncur, ternyata Innova Zenix mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat Indonesia.

Hal tersebut diketahui dari hasil SPK yang diraih Innova Zenix dalam kurun waktu singkat, yang hampir menyentuh 4.000 unit.

"SPK untuk Kijang Innova Zenix sudah mencapai hampir 4.000 unit meski belum sebulan diluncurkan, dengan 82 persen dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid dan tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 1.578 unit," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, pada acara Toyota Media Gathering di Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

1. Spesifikasi mesin Kijang Innova Zenix

Padahal Baru Meluncur, Innova Zenix Sudah Laris Nyaris 4.000 UnitMesin hybrid pada Innova Zenix (dok. TAM)

Fyi, All New Kijang Innova dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin berkode M20A-FKS, dan mesin hybrid dengan kode M20A-FXS. Mesin bensinnya berkubikasi 1.987 cc 4-silinder Dual VVT-i, yang bisa memuntahkan tenaga maksimum 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Sementara untuk mesin hybridnya, bisa memberikan tenaga maksimum 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 190 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Mesin berkubikasi 1.987 cc ini kemudian dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 113 PS dan torsi 202 Nm, sehingga bisa menghasilkan tenaga gabungan 186 PS.

Baterai hybrid Ni-MH pada All New Kijang Innova Zenix disimpan di bawah kedua jok depan, tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Baca Juga: Toyota Siapkan Innova Bermesin Hybrid, Pakai Nama Innova Zenix?

2. Fitur-fitur modern Innova Zenix

Padahal Baru Meluncur, Innova Zenix Sudah Laris Nyaris 4.000 UnitRuang kemudi Innova Zenix (IDN Times/Fadhliansyah)

Sebagai mobil dengan teknologi modern, wajar saja kalau Innova Zenix ini dibekali fitur-fitur yang canggih seperti Panoramic Retractable Roof, Captain Seat with Ottoman, Head Unit berukuran 10 inci yang bisa terkoneksi ke smartphone, dan Dual Rear Seat Entertaintment berukuran 10 inci yang bisa dioperasikan secara independen, teknologi berbasis telematika T Intouch, sampai sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Gak sampai di situ, ada beberapa fitur canggih lain yang terpasang pada Innova Zenix. Seperti cruise control, Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH), Start Stop Button + Smart Entry, wireless charger, 4 USB C slot, AC Digital dengan dual zone, Power Back Door with Voice Command, Panoramic View Monitor, dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera.

Baca Juga: All New Kijang Innova Zenix, Pilihan Baru Mobil Hybrid EV

3. Harga Innova Zenix

Padahal Baru Meluncur, Innova Zenix Sudah Laris Nyaris 4.000 UnitBuritan Innova Zenix (IDN Times/Fadhliansyah)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Innova Zenix dibekali dua pilihan mesin. Nah dari kedua pilihan mesin tersebut, mesin bensinnya punya dua tipe yaitu G dan V yang ditawarkan mulai Rp419 juta sampai Rp467 juta. Sementara untuk versi mesin hybrid ada tiga tipe yaitu G, V, dan Q. Tipe G dibanderol Rp458 juta, tipe V Rp532 juta, dan tipe Q Rp611 juta. Semua harga tersebut merupakan on the road DKI Jakarta.

Untuk pilihan warnanya, Innova Zenix dibekali beberapa pilihan warna, yakni Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, dan Dark Steel.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya