Comscore Tracker

Perawatan Transmisi D-CVT Daihatsu, Cukup Perhatikan Dua Hal Ini

Oli transmisinya jangan sampai tertukar, ya!

Jakarta, IDN Times - Kemarin (19/7/2022) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar workshop untuk mengupas tuntas mengenai transmisi terbaru mereka, yang bernama D-CVT. Transmisi ini sebenarnya enggak baru-baru banget, karena sudah dipakai di Daihatsu Rocky, All New Xenia, dan yang terbaru pada New Sirion.

Secara keseluruhan, transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

1. Perawatannya mudah banget

Perawatan Transmisi D-CVT Daihatsu, Cukup Perhatikan Dua Hal IniMekanisme transmisi D-CVT (IDN Times/Fadhliansyah)

Ichsan Ady Permana selaku staf Instruktur Technical Training Center ADM, menjelaskan kalau ada dua poin penting yang harus diingat dalam perawatan transmisi D-CVT.

"Cukup dua hal yang harus dipastikan yaitu melakukan pengecekan volume dan kualitas oli transmisinya secara berkala," ujar Ichsan.

Baca Juga: Daihatsu Resmi Luncurkan Sigra Versi Terbaru, Harga Mulai Rp120 Jutaan

2. Waktu pemeriksaan volume oli transmisi D-CVT

Perawatan Transmisi D-CVT Daihatsu, Cukup Perhatikan Dua Hal IniOli transmisi CVTF untuk D-CVT (IDN Times/Fadhliansyah)

Ichsan melanjutkan, yang pengecekkan volume oli ini dilakukan menggunakan stick fluida CVT dan cek juga apakah ada kebocoran oli transmisi atau tidak. "Pengecekkannya menggunakan stick, mirip seperti pengecekkan volume oli mesin," jelas Ichsan.

Daihatsu menyarankan untuk pemeriksaan oli transmisi ini dilakukan setiap kelipatan 20 ribu kilometer atau 12 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai duluan.

3. Penggantian oli transmisi D-CVT harus pakai oli khusus

Perawatan Transmisi D-CVT Daihatsu, Cukup Perhatikan Dua Hal IniWarna oli ATF dan CVTF mirip-mirip, jangan sampai tertukar (IDN Times/Fadhliansyah)

Kemudian untuk penggantian oli transmisinya, disarankan setiap kelipatan 80 ribu kilometer atau 48 bulan. Kapasitas penggantian oli transmisinya cukup 2 liter saja.

Ichsan juga mewanti agar konsumen tidak tertukar antara oli untuk transmisi D-CVT dengan oli AT. Oli yang digunakan untuk D-CVT khusus untuk CVT atau CVTF. "Oli khusus transmisi CVT walaupun warnanya dengan oli transmisi ATF sama-sama merah, tapi spesifikasinya berbeda," tutup Ichsan.

Baca Juga: Daftar Mobil Terlaris Daihatsu, Sigra Masih Juara! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya