Comscore Tracker

Selain Ayla EV, Daihatsu Pajang Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Sudah dijual di Jepang dari tahun lalu

Jakarta, IDN Times - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik perhatian para pengunjung GIIAS 2022 dengan memamerkan Ayla EV, atau Ayla bertenaga 100 persen listrik. Meski begitu, Ayla EV yang dipamerkan belum dijual, karena masih dalam tahap konsep saja.

Selain Daihatsu Ayla EV, ada mobil elektrifikasi lain yang turut dipajang Daihatsu di GIIAS 2022, yaitu Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle). Daihatsu Rocky Hybrid yang dibawa terlihat berkelir biru yang khas, menunjukkan kesan elektrifikasi di mobil ini.

1. Rocky HEV sudah ada di Jepang

Selain Ayla EV, Daihatsu Pajang Rocky Hybrid di GIIAS 2022Buritan Daihatsu Rocky hybrid (dok. Daihatsu)

Daihatsu Rocky HEV yang menggunakan teknologi e-SMART HYBRID ini sebenarnya sudah diluncurkan di pasar Jepang, sejak November tahun lalu. Fyi, mobil ini mengadopsi sistem serial, yang artinya tenaga mesin dipakai untuk menghasilkan listrik dan diteruskan untuk menggerakan motor utama. Yang ditampilkan kali ini ialah varian X HEV 2 WD, di Jepang ada varian lain yaitu Premium G HEV.

Melongok mesinnya, Rocky Hybrid menggunakan mesin 1.200 cc 3-silinder WA-VEC yang dibuat khusus untuk teknologi hybrid. Tenaga yang bisa dikeluarkan oleh mesin tersebut 80 dk pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.200-5.200 rpm.

Baca Juga: Ada Daihatsu Ayla Bermesin Listrik di GIIAS 2022, Yuk Intip Bocorannya

2. Ada baterai lithium-ion

Selain Ayla EV, Daihatsu Pajang Rocky Hybrid di GIIAS 2022Mekanisme Daihatsu Rocky HEV (dok. Daihatsu)

Daihatsu juga menyebut mekanisme Rocky Hybrid terbilang kompak, di mana transaxle punya mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator sebagai daya penggerak, gigi reduksi, mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara pararel.

Bobot kendaraan juga berkurang dan bisa lebih ringat, berkat penyematan baterai lithium-ion berukuran kompak dengan kapasitas 4,3 Ah yang punya kepadatan energi tinggi.

Baca Juga: Tiga Mobil Daihatsu Paling Laris, Sigra Masih Juara

3. Peranti keselamatan dan keamanan Rocky Hybrid

Selain Ayla EV, Daihatsu Pajang Rocky Hybrid di GIIAS 2022Emblem Rocky e-smart (dok. Daihatsu)

Sisi keselamatan dan keamanan mobil ini juga terbilang jempolan, dengan sistem keamanan aktif Smart Assist. Sistem tersebut meliputi 19 fungsi keselamatan yang berbeda, mulai dari peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, sampai fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Selain itu, Rocky Hybrid juga sudah mengadopsi rem parkir elektrik, Adaptive Cruise Control, dan Cornering Trace Assist, yang pastinya akan membantu pengemudi biar lebih aman dan nyaman di perjalanan. Daihatsu menyebut kalau besar kemungkinan Rocky Hybrid ini akan dijual di Indonesia nantinya, so, kita tunggu saja.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya