Comscore Tracker

Selisih Harga Rp100 Jutaan, Unggul Mana Toyota bZ4X Vs Kia EV6?

Keduanya dibanderol lebih dari Rp1 miliar

Jakarta, IDN Times - Beberapa pabrikan otomotif saat ini memang sudah mulai membawa mobil-mobil elektrifikasinya ke Indonesia, di antaranya PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Kreta Indo Artha (KIA).

TAM pada awal November 2022, meluncurkan secara resmi mobil listrik Toyota bZ4X yang juga digunakan pada gelaran KTT G20 di Bali. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp1.190 miliar on the road DKI Jakarta.

Sementara KIA, baru saja merilis harga mobil listrik Kia EV6 GT-Line pada Kamis, 1 Desember 2022. Mobil listrik yang pertama kali dipamerkan pada Agustus 2022, ditawarkan dengan harga Rp1.299 miliar on the road DKI Jakarta.

Rasanya menarik mengkomparasikan kedua mobil tersebut, karena selisih harganya hanya sekitar Rp109 juta.

Baca Juga: Begini Rasanya Menyetir Mobil Listrik Toyota bZ4X

1. Perbandingan desain

Selisih Harga Rp100 Jutaan, Unggul Mana Toyota bZ4X Vs Kia EV6?Desain Kia EV6 (Kia)

Toyota bZ4X merupakan SUV Crossover dengan desain futuristik, kesan mobil elektriknya pun terasa dari fascia depan bZ4X, dengan desain grille tertutup dan lampu LED yang dilengkapi DRL.

Kemudian, area buritan pun terasa sporty dan manis dengan penggunaan lampu LED memanjang antara kedua sisi.

Sementara, Kia EV6 GT-Line juga gak kalah modern, SUV Crossover ini mengusung bahasa desain khas Kia, yaitu Digital Tiger Nose. Secara desain terlihat bagian depan dan belakang EV6 GT-Line terlihat futuristik dengan lampu full LED.

2. Perbandingan interior

Selisih Harga Rp100 Jutaan, Unggul Mana Toyota bZ4X Vs Kia EV6?Suasana interior Toyota bZ4X (IDN Times/Fadhliansyah)

Masuk ke kabin Kia EV6 GT-Line, yang menarik perhatian adalah layar infotainment melengkung yang membuat dashboardnya terlihat modern banget. Hal itu berkat layar infotainment dan panel instrumen yang masing-masing berukuran 12,3 inci.

Kenyamanan juga didukung koneksi Apple CarPlay dan Android Auto, yang output suaranya dikeluarkan lewat 14 buah speaker lansiran Meridian, serta tak lupa adanya Wide Sunroof di atap mobil.

Begitu juga dengan kabin Toyota bZ4X yang terasa sangat premium dan mewah, berkat penggunaan dari model setir baru, head unit layar berukuran 12,3 inci, tuas transmisi model baru dengan cara ditekan dan diputar, serta panel instrumen bermodel unik dengan layar TFT 7 inci yang posisinya seperti kokpit sebuah pesawat. Ditambah adanya panoramic roof yang menambah kesan lega di kabin Toyota bZ4X.

3. Perbandingan fitur-fitur unggulan

Selisih Harga Rp100 Jutaan, Unggul Mana Toyota bZ4X Vs Kia EV6?Interior Kia EV6 GT-Line (dok. KIA)

Sebagai mobil listrik yang baru meluncur tahun ini, sudah pasti keduanya memiliki berbagai fitur-fitur canggih dan modern. Pertama dari Toyota bZ4X yang dibekali Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang meliputi berbagai fitur seperti Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Lalu, masih ada fitur keselamatan lain seperti Blind Spot Monitor (BSM), Safety Exit Assist, Parking Support Brake (PSB), Integration A-Pillar, Rear Cross Trafic Alert (RCTA), dan Rear Camera Detection (RCD).

Tak lupa, ada fitur Advanced Park yang bisa membantu pengemudi parkir mobil secara paralel maupun mundur, tanpa harus menyentuh setir atau pedal gas sedikit pun.

Kalau Kia EV6 GT-Line punya sistem keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang meliputi fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control (SCC) dengan Auto Stop & Go, Blind Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Driver Attention Warning (DAW), dan High Beam Assist (HBA).

Selain itu, EV6 GT-Line juga punya fitur lain seperti Safe Exit Assist (SEA), Surround View Monitor (SVM), Remote Smart Parking Assist (RSPA), dan Vehicle to Load (V2L).

Baca Juga: Mobil Listrik Kia EV6 Dibanderol Nyaris Rp1,3 Miliar!

4. Perbandingan spesifikasi motor listrik

Selisih Harga Rp100 Jutaan, Unggul Mana Toyota bZ4X Vs Kia EV6?Ruang motor listrik Toyota bZ4X (IDN Times/Fadhliansyah)

Kia EV6 GT-Line dibangun i atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Mobil listrik ini dilengkapi Dual Motor berpenggerak semua roda (All Wheel Drive) yang bisa memuntahkan tenaga hingga 320 Hp dan torsi 605 Nm.

Dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh, Kia EV6 GT-Line dapat melaju sampai 506 kilometer. Sementara, Toyota bZ4X yang dibangun di atas platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA), di Indonesia hanya tersedia varian dengan penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive).

Untuk varian FWD, menggunakan motor listrik 1XM dengan tenaga maksimum 204 dk dan torsi maksimum 266 Nm. Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh, yang diklaim bisa menempuh jarak lebih dari 500 kilometer dalam sekali pengecasan. So, setelah melihat berbagai perbandingan tersebut, menurut kamu mana yang lebih unggul?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya