Comscore Tracker

Subaru Impreza 2024 Diluncurkan, Gak Ada Varian Sedan dan Manual Lagi

Varian RS kembali lagi setelah sekian lama

Jakarta, IDN Times - Subaru Impreza generasi keenam baru saja dirilis di ajang LA Auto Show (17/11/2022). Subaru Impreza model 2024 ini enggak diberikan varian sedan dan transmisi manual, tetapi Subaru mengembalikan varian 2.5 RS untuk pertama kalinya sejak 2005 lalu.

Mengutip Carscoops.com, generasi terbaru Impreza ini memiliki banyak kesamaan dengan saudara sedarahnya, Subaru Crosstrek. Misalnya pada fascia depan dan secara keseluruhan desain, memang mirip banget antara keduanya.

Baca Juga: Gahar! Subaru Siapkan Aksesori STI buat BRZ Harga Mulai Rp3 Jutaan

1. Dapur pacu Subaru Impreza 2024

Subaru Impreza 2024 Diluncurkan, Gak Ada Varian Sedan dan Manual LagiBuritan Subaru Impreza 2024 (Carscoops.com)

Impreza terbaru ini diklaim akan 10 persen lebih kaku dari model sebelumnya, juga akan mendapatkan berbagai kelebihan dari sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) yang lebih baik dan simetris. Di bawah kap, Subaru kembali beralih ke mesin boxer empat silinder.

Ada dua pilihan mesin yang tersedia, mesin 2.5L boxer dengan emblem RS yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum sampai 182 dk dan torsi mencapai 241 Nm. Sementara yang satunya lagi, berkapasitas 2.0L dengan output tenaga maksimum 152 dk serta torsi 197 Nm.

Baca Juga: Harganya Hampir Rp500 Juta, Ini Spek dan Fitur Subaru XV

2. Kelebihan Subaru Impreza RS

Subaru Impreza 2024 Diluncurkan, Gak Ada Varian Sedan dan Manual LagiSubaru Impreza RS (Carscoops.com)

Kembali pertama kali setelah 2005, Subaru Impreza RS hadir sebagai varian dengan performa tertinggi. Selain mesin yang lebih bertenaga, Impreza RS juga akan mendapatkan suspensi yang sudah diatur lebih baik dalam kecepatan tinggi, rem lebih besar, pelek spesial berukuran 18-inci, trim berwarna hitam di interior, pedal aluminium, lampu LED yang sudah diupgrade, jok dengan warna hitam, serta 10 speaker Harman Kardon.

Selain RS, ada varian Impreza Sport yang juga dibekali suspensi khusus, rem lebih besar, pelek 18-inci, dengan mesin 2.0L. Model ini juga akan mendapatkan blind spot detection, rear cross traffic alert, keyless entry, remote start, dan driving mode khusus yang diatur untuk performa sekaligus efisiensi bahan bakar.

3. Hanya ada transmisi otomatis

Subaru Impreza 2024 Diluncurkan, Gak Ada Varian Sedan dan Manual LagiInterior Subaru Impreza RS 2024 (Carscoops.com)

Sementara Subaru Impreza trim terendah, akan dibekali fitur keselamatan aktif Subaru EyeSight dan automatic emergency braking sebagai standar. Varian manapun yang dipilih, Impreza hanya akan tersedia dalam satu pilihan transmisi, Subaru Lineartronic CVT. Untuk varian RS dan Sport, Subaru akan menyematkan fitur spesial mode 'manual' dengan 8 pilihan 'gigi' yang bisa membantu lebih percaya diri dalam mengendalikan mobil.

Semua varian akan mendapatkan dual-pinion electronic power steering rack dari generasi kelima Subaru WRX, yang menawarkan pengendalian lebih natural dan lebih responsif lagi. Subaru juga menjanjikan jok yang lebih suportif lagi, sekaligus lebih banyak ruang penyimpanan di dalam kabin.

Bicara soal interiornya, sistem climate controlnya lebih pintar lagi, dan akan berfokus untuk mendinginkan/memanaskan jok yang terisi penumpang untuk kenyamanan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Di bagian tengah interior, ada head unit 11.6 inci yang terpasang secara portrait dengan fitur wireless Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk keamanan, Subaru juga menawarkan Starlink dan layanan keamanan yang terhubung.

Baca Juga: Harga Mobil All New Subaru Forester 2022, Banyak Warna dan Bonus

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya