Comscore Tracker

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia Pekan Depan

Kira-kira harganya berapa ya?

Jakarta, IDN Times - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan varian terbaru Ertiga pada 10 Juni 2022. Ertiga varian terbaru ini kabarnya akan dilengkapi dengan teknologi hybrid.

Kabar bakal munculnya Ertiga Hybrid ini berasal dari akun Instagram resmi @suzuki_id. Akun tersebut mengunggah foto sebuah siluet mobil dengan caption 'Untuk Hari Yang Lebih Baik' lengkap dengan tanggal peluncurannya.

Yuk, kepoin mobil terbaru Suzuki satu ini!

1. Suzuki Indonesia sudah memperkenalkan teknologi hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia Pekan DepanTeaser Suzuki Ertiga Hybrid (Instagram/@suzuki_id)

Suzuki Indonesia sebenarnya sudah secara resmi memperkenalkan dan sempat menunjukkan cara kerja smart hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

"Suzuki mengenalkan teknologi elektrifikasi Suzuki Smart Hybrid yang lebih modern, efisien, kompak, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Suzuki Smart Hybrid adalah teknologi yang kami yakini bisa diserap dengan baik oleh pasar," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, pada 13 Mei 2022 lalu.

Baca Juga: Dear Suzuki, Kapan 3 Motor Suzuki Ini Masuk Indonesia?

2. Suzuki Ertiga Hybrid di India

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia Pekan DepanSuzuki Ertiga Smart Hybrid di India (Maruti Suzuki)

Sebenarnya, secara bentuk, keseluruhan Suzuki Ertiga Hybrid di India enggak berbeda jauh dibandingkan Suzuki Ertiga Indonesia. Hanya ada sedikit perbedaan pada bagian interior, eksterior, dan tentu saja pada mesinnya, seperti misal desain pelek dan grille yang berbeda.

Sementara pada bagian interiornya, Suzuki Ertiga Hybrid terasa lebih nyaman sekaligus elegan, berkat penggunaan aksen kayu di area dashboard dan jok dual tone.

Pada bagian fiturnya, Suzuki Ertiga Hybrid di India juga terbilang lengkap. Pada bagian dashboard disematkan sistem infotainment SmartPlay Pro layar sentuh berukuran tujuh inci, ada juga fitur paddle shift, cruise control, heigh-adjustable driver seat, automatic climate control, airbag empat titik (tipe tertinggi), torque assist, idle start/stop, brake energy regeneration, dan juga Suzuki Connect.

3. Mesin Suzuki Ertiga Hybrid di India

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia Pekan DepanFitur Suzuki Connect di Ertiga Smart Hybrid (Maruti Suzuki)

Besar kemungkinan Suzuki Ertiga Hybrid Indonesia, memiliki mesin yang sama dengan versi India. Suzuki Ertiga Hybrid India menggunakan mesin 1.5L Jet Dual VVT berkode K15C dengan teknologi Smart Hybrid.

Mesin ini diklaim bisa memuntahkan tenaga maksimal sampai 101,6 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga mesin disalurkan melalui dua sistem transimsi, yaitu torque converter automatic enam percepatan dan transmisi manual lima percepatan.

4. Cara kerja smart hybrid pada Ertiga

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia Pekan DepanTeknologi smart hybrid Suzuki (Dok. Suzuki Indonesia)

Tujuan utama dari Smart Hybrid Suzuki adalah biar konsumsi bensin mobil bisa lebih efisien lagi. Untuk cara kerjanya serupa dengan fitur Idling Start Stop, yang di mana ketika mobil dalam kondisi diam dan tidak digas, juga ketika kecepatan sedang rendah sampai berhenti, sistem akan mematikan mesin secara otomatis.

Selanjutnya kebutuhan listrik ketika mesin mati akan disuplai oleh aki dan baterai lithium-ion. Begitu mobil kembali melaju dari kondisi diam, fitur Integrated Smart Generator (ISG) akan menyalakan mesin dan menjaga putaran mesin biar bisa bekerja secara optimal.

Mobil ini juga punya fitur Regenerative Braking, yang bekerja untuk mengisi daya aki dan baterai lithium-ion dari energi kinetic saat mobil melakukan pengereman.

Baca Juga: Suzuki Siapkan Teknologi SOS Motor, Ini Cara Kerjanya Jika Kecelakaan

Topic:

  • Satria Permana
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya