Comscore Tracker

Toyota GR 86 Dibanderol Hampir Rp1 Miliar, Apa Sih Kelebihannya?

Peningkatan tenaganya drastis dari generasi sebelumnya

Jakarta, IDN Times - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan All New GR 86 pada hari pertama GIIAS 2022. All New GR 86 ini merupakan generasi ke-2 Toyota 86, salah satu mobil sport andalan Toyota. All New GR 86 memiliki peningkatan di sisi dapur pacu, yang membuat tenaganya jadi lebih buas dari sebelumnya.

"Toyota 86 merupakan sebuah sports car yang memiliki handling yang responsif berkat center of gravity yang rendah, dan juga mudah serta nyaman untuk dikemudikan harian maupun pada saat akhir pekan," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, Selasa (16/8/2022).

1. Desainnya racing banget

Toyota GR 86 Dibanderol Hampir Rp1 Miliar, Apa Sih Kelebihannya?Desainnya terlihat racy banget (dok. Toyota)

All New GR 86 punya tampilan yang racy banget, dengan mengadopsi style yang merujuk pada mobil sport klasik Toyota seperti AE86 dan Corolla 2000GT.  Untuk mendapatkan aerodinamika dan mempertegas racing look, Toyota Gazoo Racing menanamkan beberapa ornamen seperti Front Air Dam depan, Aero Stabilizing Grain di sudut bumper, Air Outlet di belakang roda depan, Side Sill Spoiler di bawah pintu, Rear Wheel Arch Fin pada lingkaran spatbor belakang, dan Rear Air Breather di bawah bumper depan.

Kemudian di atasnya, Ducktail Spoiler membantu menjaga kestabilan memanfaatkan aliran udara dari atap mobil. Oya, kaki-kakinya juga terlihat sporty berkat penggunaan 18-inch alloy wheel. Fyi, sasis dan body mobil ini telah didesain ulang menggunakan material ringan berkekuatan tinggi, untuk memberikan kekakuan sekaligus mengurangi bobot dan penguatan di area utama untuk meningkatkan safety. Bisa disimpulkan kalau All New GR86 ini siap dipacu di kecepatan tinggi.

Baca Juga: Toyota Pamerkan 6 Line-up Baru Gazoo Racing di GIIAS 2022

2. Spek mesin baru

Toyota GR 86 Dibanderol Hampir Rp1 Miliar, Apa Sih Kelebihannya?Spek mesinnya jauh lebih bertenaga dari versi sebelumnya (dok. Toyota)

All New GR 86 memiliki mesin bernama "Dynamic Force Engines", yang didesain agar bisa mengeluarkan potensi mesin dengan maksimal. Mesin boxer 4-silinder berkode FA24 ditempatkan serendah mungkin, untuk mendapatkan center of gravity yang lebih baik. Kubikasinya juga meningkat dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc, dengan pertambahan ukuran diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.

Berkat peningkatan tersebut, output tenaga All New GR86 meningkat sekitar 17,5% dari 200 PS menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Torsi juga naik 22% dengan puncak 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya yang berada di level 205 Nm pada 6.400–6.600 rpm.

3. Interiornya terasa sporty banget

Toyota GR 86 Dibanderol Hampir Rp1 Miliar, Apa Sih Kelebihannya?Interior All New GR 86 (dok. Toyota)

Masuk ke dalam kabinnya, aura yang terasa ialah sporty banget berkat perpaduan warna hitam dan merah. Di bagian tengah ada head unit layar sentuh 8 inci, dan panel instrumen kombinasi TFT dan LCD berukuran 7 inci. Head unitnya memiliki fitur martphone connection, Bluetooth, port USB, soket AUX, serta speaker JBL sebagai output suaranya.

Oya ada beberapa pilihan mode berkendara yang bisa dipilih, menggunakan sakelar di setirnya. Ada mode normal, sport, dan juga track. Untuk banderolnya, All New GR 86 ditawarkan dengan harga Rp938,5 juta on the road DKI Jakarta.

Baca Juga: Mengenal Toyota Sports 800, Supercar Pertama Toyota 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya