Comscore Tracker

Wuling Klaim TKDN Mobil Listrik Air ev di Atas 40 Persen

Akhir bulan ini katanya sudah mulai delivery ke konsumen

Jakarta, IDN Times - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mulai memproduksi mobil listriknya, Air ev, di fasilitas manufaktur yang berada di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat (8/8/2022).

Acara peluncuran produksi perdana itu antara lain dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Kami apresiasi bahwa ini adalah BEV (Battery Electric Vehicle) yang diproduksi secara nasional dan tidak minta macam-macam, jadi langsung diproduksi saja. Ini membuktikan kebijakan yang diambil pemerintah sudah sangat tepat," kata Airlangga di sela-sela acara.

1. Wuling Air ev sudah punya TKDN di atas 40 persen

Wuling Klaim TKDN Mobil Listrik Air ev di Atas 40 PersenWuling Air ev dipajang di Summarecon Mall Kelapa Gading (Dok. Wuling)

Masih di kesempatan yang sama, Vice President Wuling Motors Han Dehong, menyebut kalau Air ev memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen dan saat ini produksinya berstatus Completely Knock Down (CKD).

"Untuk lokalisasinya di atas 40 persen. Ke depannya, kita akan tingkatkan lokalisasinya sesuai dengan arahan dari pemerintah dan juga memenuhi standar," jelas Han Dehong.

Baca Juga: Wuling Air ev Mulai Diproduksi di Cikarang, Akhir Bulan Dikirim

2. Wuling Air ev mulai didistribusi ke konsumen akhir bulan ini

Wuling Klaim TKDN Mobil Listrik Air ev di Atas 40 PersenSeremonial peluncuran produksi perdana Wuling Air ev (IDN Times/Fadhliansyah)

Wuling mengatakan kalau kapasitas produksi mobil listriknya ini sekitar 10 ribu unit per tahun. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau angka tersebut akan ditambahkan lagi nantinya. Selain itu, Han Dehong juga mengatakan kalau enggak lama lagi Wuling Air ev akan didistribusikan ke konsumen.

"Akhir Agustus atau awal September mobil ini akan sampai ke tangan konsumen," ucap Han Dehong. Wuling Air ev sebenarnya sudah dipamerkan sejak bulan Juni 2022 lalu, dan pada awal Juli kemarin Wuling resmi membuka pemesanan bagi para konsumen yang tertarik meminang mobil listrik mungilnya tersebut.

3. SPK Wuling Air ev sudah lebih dari seribu

Wuling Klaim TKDN Mobil Listrik Air ev di Atas 40 PersenWuling turunkan 300 unit Air ev di KTT G20 Bali nanti (IDN Times/Fadhliansyah)

Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, mengatakan kalau SPK Wuling Air ev angkanya sudah mencapai ribuan unit. Walaupun, Dian enggak menyebutkan secara detail jumlahnya.

"Nanti kita akan rilis detailnya saat GIIAS ya, tetapi kalau berbicara (SPK) lebih dari seribu, (ya) lebih dari seribu," kata Dian saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat (8/8/2022).

Baca Juga: DFSK Siapkan Mobil Listrik Mungil Pesaing Wuling Air ev!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya