Comscore Tracker

Sering Parkir Mobil Sembarangan? Siap-siap Kena 4 Karma Ini  

Bisa sangat berisiko pada mobil

Jakarta, IDN Times - Parkir sembarangan sepertinya sudah menjadi budaya di negeri ini. Lihat saja di pinggir jalan, banyak banget mobil yang parkir di trotoar. Di beberapa ruas jalan bahkan ada trotoar yang disulap jadi tempat parkir motor. 

Padahal memarkir mobil sembarangan bisa berdampak buruk pada kendaraan. Apalagi jika mobil diparkir di tempat yang terpapar terik panas matahari. Nah, berikut 4 risiko parkir di sembarang tempat.

1. Dapat merusak bodi mobil⁣

Sering Parkir Mobil Sembarangan? Siap-siap Kena 4 Karma Ini  Ilustrasi parkir mobil paralel mepet (IDN Times/Faiz Iqbal Maulid)

Memarkirkan mobil di luar dan sembarangan berisiko loh. Sebab, dapat mengundang pencurian atau aksi vandalisme pada mobil.

Gak sedikit orang iseng di jalanan, belum lagi ada kontribusi alam yang gak diminta seperti hujan lebat, panas ekstrem dan berangin. Hal tersebut dapat merusak eksterior mobil.

Baca Juga: Tips Memilih Kamera Mundur, Parkir Mobil Jadi Lebih Gampang   

2. Bisa memperpendek usia mesin mobil

Sering Parkir Mobil Sembarangan? Siap-siap Kena 4 Karma Ini  IDN Times/Dwi Agustiar

Ketika memarkirkan mobil di dalam garasi atau di bawah atap. Suhu di bawah kap mesin akan tetap stabil, ini menjaga oli mesin tetap pada viskositas atau performa optimalnya.

Sehingga, mesin mobil bakal tetap optimal berjalan dalam jangka panjangnya dan akan memperpanjang usia mesin mobil.

3. Merusak interior mobil⁣

Sering Parkir Mobil Sembarangan? Siap-siap Kena 4 Karma Ini  IDN Times/Dwi Agustiar

Panas terik dapat berisiko loh ke interior mobil. Pasalnya, panas terik dapat memudarkan dasbor dan lapisan kulit interior lebih cepat.

Jika terkena panas terlalu lama, terjadi ke beberapa kasus. Hal ini dapat merusak sistem hiburan seperti speaker yang membrannya bisa retak sampai hancur.

4. Membuat kinerja A/C tidak optimal

Sering Parkir Mobil Sembarangan? Siap-siap Kena 4 Karma Ini  carfromjapan.com

Ketika sembarangan memarkirkan mobil, apalagi di dihadapkan langsung dengan terik matahari, suhu mobil akan menjadi terlalu panas.

Dalam hal ini, performa A/C akan terganggu, ketika A/C dinyalakan, mesin harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mendinginkan interior mobil.

Baca Juga: Mobil Sering Dijemur Tanpa Cover, 4 Masalah Ini Bakal Menghantuimu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya