Comscore Tracker

Mau Jual Mobil di Masa Pandemik? Perhatikan 4 Hal Ini 

Biar aman dan gak rugi

Jakarta, IDN Times - Di tengah masa pandemik COVID-19 ini banyak yang memutuskan menjual mobil demi memenuhi kebutuhan hidup. Maklum, wabah virus corona memukul hampir semua sektor kehidupan.

Namun harus diingat, menjual mobil di masa pandemik COVID-19 itu gak sama dengan menjual di saat normal. Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan. Nah, berikut 4 hal yang harus benar-benar kamu cermati sebelum menjual mobil di tengah wabah corona ini.

1. Jaga kelengkapan surat-surat

Mau Jual Mobil di Masa Pandemik? Perhatikan 4 Hal Ini IDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum memutuskan mempromosikan mobil, alangkah baiknya cek terlebih dahulu kelengkapan surat-surat seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Kalau tidak ada, mobil kamu bisa dihargai dengan harga murah. Selain itu, dengan tidak adanya kelengkapan surat, dapat membuat calon pembeli curiga dengan status kepemilikan mobil.

2. Cek lagi eksterior mobil

Mau Jual Mobil di Masa Pandemik? Perhatikan 4 Hal Ini toyota.co.uk

Hal yang paling pertama dilihat calon pembeli sudah pasti tampilan luar atau eksterior. Agar mobil dapat laku dengan harga yang sesuai harapan, kondisi eksterior mobil harus dirawat dengan baik. Usahakan jangan ada goresan ataupun hal-hal yang membuat mobil terlihat buruk.

3. Catatan servis rutin

Mau Jual Mobil di Masa Pandemik? Perhatikan 4 Hal Ini Dok. Istimewa/Kalla Group

Menyimpan catatan servis rutin atau kapan terakhir servis bisa jadi nilai utama, menjaga perawatan berkala dapat membuat mobil terlihat lebih terawat.

Apalagi jika melakukan perawatan rutin di bengkel resmi akan jauh lebih baik, karena pastinya akan mendapatkan catatan terkait kondisi mobil dalam periode pemakaian.

4. Usia mobil bakal jadi perhatian pembeli

Mau Jual Mobil di Masa Pandemik? Perhatikan 4 Hal Ini Astra Daihatsu Motor

Lima tahun adalah usia rata-rata seorang pemilik mobil biasanya mengganti mobilnya. Di sisi lain, semakin lama usia mobil, semakin banyak pula kemungkinan munculnya kerusakan di bagian-bagian mobil. Sejatinya, usia mobil dibawah 5 tahun relatif awet dan harga jualnya relatif masih aman.

Baca Juga: Jarang Terdengar, Deretan Mobil Rusia Ini Gak Kalah Sama Mobil Eropa  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya