Comscore Tracker

Demi Gurihnya Pasar SUV, Mobil Sedan dan MPV Ini Disulap Jadi Cross 

Setidaknya ada empat mobil yang menggunakan nama Cross

Jakarta, IDN Times -  Toyota resmi meluncurkan mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) terbaru, yakni Corolla Cross beberapa hari lalu. Mobil ini dikembangkan dari sedan Corolla yang telah lebih dulu eksis.

Namun, karena pasar SUV saat ini sedang gurih, Toyota pun menyulap Corolla yang semula sedan menjadi SUV. Nama Cross pun disematkan di belakang nama Corolla.  

Toyota bukan pabrikan pertama yang menggunakan nama Cross. Banyak pabrikan lain telah melakukan hal yang sama. Bedanya, pabrikan lain membangun mobil Cross dari basis MPV.

Nah, berikut mobil-mobil Cross hasil pengembangan dari model sebelumnya.

1. Toyota Corolla Cross

Demi Gurihnya Pasar SUV, Mobil Sedan dan MPV Ini Disulap Jadi Cross Toyota

Melalui peluncurannya beberapa hari lalu, Corolla Cross jadi mobil keempat di Indonesia yang menyandang nama Cross.

Toyota Corolla Cross memilki konsep bergaya perkotaan terlihat dari setiap sisi, Corolla Cross memiliki bodi yang ramping, terlihat dari gril terbaru Toyota yang sangat gahar.

Mobil ini hadir dengan dua tipe mesin, yaitu hybrid dan non-hybrid. Mesin hybrid mobil ini adalah mesin generasi keempat dengan mesin 1,798 cc menghasilkan tenaga sebesar 96 dk di 5.200 rpm dan maksimal torsi mencapai 142,2 Nm di putaran 3.600 rpm.

Sedangkan mesin pada model non-hybrid, ditenagai mesin 1.800 cc 4-silinder dan dapat menghasilkan tenaga 138 dk di putaran 6.400 rpm.

Ditambah lagi, mobil SUV anyar ini dilengkapi dengan fitur-fitur baru loh, seperti fitur pengecekan saldo e-money, dan fitur membuka backdoor dengan kaki.

Toyota Corolla Cross tipe tertinggi yaitu hybrid dengan fitur terlengkap dibanderol sekitar Rp497 jutaan harga on-the-road DKI Jakarta. Sementara tipe non-hybrid dijual dengan harga mulai dari Rp457 jutaan on-the-road DKI Jakarta.

2. Datsun Cross 2018

Demi Gurihnya Pasar SUV, Mobil Sedan dan MPV Ini Disulap Jadi Cross instagram.com/@primestarmotors

Diluncurkan tahun 2018 lalu, Datsun Cross memiliki tampilan kurang lebih Datsun GO+ dengan sedikit perombakan. Desain mobil ini terlihat lebih berkelas dari kakaknya dengan interior bernuansa sporty khas crossover dengan aksen hitam dengan motif carbon fiber dan panel silver.

Mesin mobil ini berkapasitas 1,198 cc yang tersalurkan ke roda depan (FWD) dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh dua pilihan transmisi tersebut jauh berbeda, untuk pilihan manual 68 dk di putaran 5.000 rpm, sedangkan varian CVT di angka 78 dk di 6.000 rpm.

Dengan mesin HR12DE membuat performa Datsun Cross menjadi optimal khususnya untuk berkendara di kawasan perkotaan.

Untuk harga, Datsun Cross tipe 5MT dibanderol sebesar Rp 161 juta. Sedangkan tipe CVT dijual dengan harga Rp 173 juta.

3. Mitsubishi Xpander Cross

Demi Gurihnya Pasar SUV, Mobil Sedan dan MPV Ini Disulap Jadi Cross IDN Times/Asrhawi Muin

Mitsubishi Xpander Cross diperkenalkan pada 2019 lalu merupakan versi SUV dari Xpander. Mobil ini memadukan kenyamanan berkendara milik MPV dan ketangguhan sebuah SUV.

Desain Xpander Cross adalah hasil menggabungkan tampilan SUV yang dinamis serta kenyamanan ala MPV. Hal ini membuat mobil ini memiliki tampilan wajah yang sama seperti Outlander dan Pajero Sport

Untuk mesin yang diusung pada mobil ini serupa dengan Nissan Livina yaitu mesin 4A9. Mesin ini  dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Xpander Cross hadir dengan opsi transmisi manual 5-percepatan seharga Rp 272 jutaan dan transmisi otomatis 4-percepatan yang dibanderol dengan harga Rp 282 juta. 

4. Mitsubishi Eclipse Cross

Demi Gurihnya Pasar SUV, Mobil Sedan dan MPV Ini Disulap Jadi Cross Dok. IDN Times/Mitsubishi

Buat pecinta SUV, Mitsubishi Eclipse Cross sangat cocok nih buat kamu. Pasalnya mobil ini punya 3 keunggulan, di antaranya stimulating design, confident inspiring driving, dan human connectivity.

Diluncurkan 2019 lalu, mobil ini berada di segmen SUV kelas premium, sebab eksterior dan interiornya yang memiliki kesan mewah dan dinamis.

Mesin yang tertanam di mobil ini adalah yang tercanggih, gak salah sebenarnya karena Mitsubishi Eclipse Cross ditopang dengan mesin bensin 1.5L turbocharged sodium-filled exhaust valce MIVEC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 152 hp dengan torsi 250 Nm.

Bahkan mobil ini didukung dengan INVECS-III CVT yang menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar serta mendukung akselerasi yang lebih baik.

Untuk harga, per Juli 2020, mobil ini dibanderol seharga Rp489 jutaan di varian warna Red Diamond, Rp487 jutaan untuk varian warna Silky White, dan Amethyst Black dijual seharga Rp484 jutaan.

Oya, tidak seperti tiga mobil di atas, Eclipse Cross adalah mobil SUV asli. Artinya mobil ini bukan hasil pengembangan dari MPV atau sedan. 

Baca Juga: Suzuki Luncurkan Ertiga Rasa SUV Hari Ini, Lawan Berat Xpander Cross?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya