Comscore Tracker

Apa Kabar Mobil Esemka? Ini Jawaban Jokowi

Kalau Esemka jadi mobil nasional, gimana menurut kalian?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo kembali menggelorakan semangat untuk bisa membangun industri mobil nasional buatan anak bangsa. Semangat terebut dikobarkan Jokowi saat menghadiri pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Kamis (2/8). 

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menyebut Mobil Esemka yang sempat di gadang-gadang akan menjadi cikal bakal mobil nasional. Apa akbar Esemka, ya?

1. Pemerintah mendukung terbentuknya mobil nasional

Apa Kabar Mobil Esemka? Ini Jawaban JokowiIDN Times/Fitang Budhi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan akan mendukung penuh penyelesaian pabrik pembuatan mobil Esemka .

"Kalau Esemka pabriknya selesai dan bisa memproduksi, ya silakan, karena memang kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," kata Jokowi di ICE BSD Tangerang, Kamis (02/07).

Baca Juga: Datang ke GIIAS 2018, Jokowi: Jangan Sampai Mobil Impor Menguasai

2. Agar bisa bersaing dengan mobil buatan luar negeri

Apa Kabar Mobil Esemka? Ini Jawaban JokowiIDN Times/Fitang Budhi

Lebih jauh ia mengatakan, sebelum Esemka bisa diluncurkan di pasar Indonesia, Jokowi berpesan agar nantinya perusahan dan distributor yang menaungi bisa mempertimbangkan kembali terkait segmen pasar tanah air baik dari segi model hingga harga.

"Ini kan persaingan semakin ketat, kompetisi semakin ketat, belum tentu semua mobil itu bagus di dalam desain dan harganya kalau tidak kompetitif pasarnya juga akan sulit, artinya itu terserah industri sendiri, karena Esemka sekarang juga diambil alih industri," ujarnya.

3. Esemka pamornya sempat naik ketika Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo

Apa Kabar Mobil Esemka? Ini Jawaban Jokowiwikipedia

Seperti diketahui, Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa SMK 2 Surakarta yang bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 20 hingga 80 persen.

Mobil Esemka Rajawali adalah salah satu mobil yang sempat terkenal setelah Jokowi memakainya sebagai mobil dinasnya ketika masih menjabat sebagai walikota Solo.

Menurut kalian gimana nih? Bakal dukung gak kalau Esemka jadi mobil nasional?

Baca Juga: GIIAS 2018: Jokowi Puji Kendaraan Pedesaan, Ini Spesifikasinya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya