Comscore Tracker

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap Fungsional

Dijamin mobil kalian bakal semakin ganteng

Jakarta, IDN Times - Bagi kalian para pecinta modifikasi, memakai mobil standar atau dari pabrikan pasti akan sangat membosankan. Karena itu perlu ada yang diupgrade.

Nah, bagian yang paling sering diganti adalah velg. Kenapa? Karena prosesnya mudah dan cepat namun hasilnya bisa mendongrak tampilan mobil secara signifikan.

Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan nih sebelum mengganti velg mobil kalian. Berikut ini tipsnya.

1. Tentukan konsep modifikasi

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap FungsionalIDN Times/Dwi Agustiar

Sebelum mengganti velg mobil, alangkah baiknya bila kalian terlebih dahulu menentukan konsep modifikasinya. Jika ingin menonjolkan tampilan racinglook, tentu tidak cocok menggunakan velg yang berukuran besar dan berwarna krom karena akan terlihat tidak pantas.

Lainnya hal jika kalian ingin mengusung modifikasi yang elegan, bermain dengan velg ukuran yang besar dipadupadankan dengan warna krom sangat cocok karena dapat memperindah tampilan mobil kalian.

Baca Juga: Perang Hatchback Warnai Pameran Otomotif GIIAS 2019

2. Jangan mengganti velg dengan diameter terlalu besar

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap FungsionalIDN Times/Dwi Agustiar

Menentukan ukuran velg mobil juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan. Idealnya, jangan mengganti velg mobil dengan diameter terlalu besar. Maksimum adalah 2 inci lebih besar dari ukuran velg standar.

Kenapa demikian? Karena penggantian velg dengan diameter yang lebih besar akan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender/spakbor mobil kalian.

3. Pilih warna velg yang sesuai dengan mobil kalian

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap FungsionalIDN Times/Dwi Agustiar

Pemilihan warna velg sangat berpengaruh terhadap tampilan mobil kalian nanti. Seperti kita ketahui, hampir seluruh pabrikan mobil saat ini banyak sekali mengeluarkan varian warna-warna cerah dan limited edition.

Pada umumnya, pemilihan velg dengan warna hitam, putih, serta silver tergolong netral untuk dipadupadankan dengan berbagai warna kendaraan. Namun, velg dengan varian warna gold juga bisa digunakan untuk menampilkan kesan maskulin pada kendaraan kalian.

4. Pilih desain velg sesuai dengan tipe kendaraan

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap FungsionalIDN Times/Dwi Agustiar

Hal paling terpenting adalah memilih desain velg sesuai dengan tipe kendaraan kalian. Contoh, jika mobil city car, ada baiknya kalian memasang velg jari-jari untuk membuat tampilan modifikasi mobil tidak norak dan masih enak dilihat.

Jika mobil kalian tipe sedan, velg tipe monoblock sangat cocok untuk modifikasi mobil kalian. Untuk lebih memastikan lagi, kalian bisa berkonsultasi pada bengkel yang biasa memodifikasi berbagai macam tipe mobil agar hasilnya jadi lebih baik. 

5. Pilih bahan dasar velg yang ringan namun kuat

GIIAS 2019: 5 Tips Mencari Velg Mobil, Biar Keren dan Tetap Fungsionalunsplash.com/Obi Onyeador

Untuk membuat performa mobil kalian maksimal, pemilihan material velg jadi salah satu fokus utama. Pilih velg berbahan dasar seperti billet, steel, forg alloy atau magnesium.

Bahan-bahan ini membuat bobot velg lebih ringan dari velg standar berbahan baja. Sehingga, bisa dipastikan akan memperingan beban mobil keseluruhan.

Baca Juga: GIIAS 2019: Deretan Mobil Sport Ikonik yang Dilahirkan Kembali

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You