Intip Kelebihan Renault Twizy, Mobil Mungil Elektrik

Mobil mungil dengan banyak kelebihan yang futuristik

Produksi mobil kini kian canggih. Para produsen memikirkan pengganti bahan bakar minyak bumi di masa depan ketika minyak bumi tidak ada lagi ataupun kritis.

Salah satunya Renault, produsen mobil terkenal asal Prancis yang juga salah satu tim F1, merancang sebuah mobil listrik bernama Renault Twizy yang berbodi futuristik dan elegan. Mobil ini juga hanya dapat diisi dua orang saja.

Namun perlu diingat mobil ini belum masuk ke Indonesia karena peraturan pajaknya belum mendukung, namun sudah sangat terkenal di Eropa. Harganya sendiri dibanderol mulai dari sekitar Rp110-150 juta. Berikut empat kelebihan dari Renault Twizy.

1. Bodi yang ramping dan mungil

Intip Kelebihan Renault Twizy, Mobil Mungil ElektrikRenault UK

Jika anda memerlukan mobil mungil yang memiliki kelincahan seperti sepeda motor, mobil ini sangat tepat sekali. Dilengkapi dengan dua pintu slide ke atas, mobil ini dapat mengangkut dua penumpang depan dan belakang.

Namun perlu diingat, mobil ini tidak memiliki jendela samping di pintunya, jadi ketika hujan otomatis air dapat masuk. Namun tenang saja karena interior dari mobil ini telah dirancang untuk tahan air mulai dari setir, dashboard, panel indikator, kursi, dan lainnya.

2. Baterai yang awet

Intip Kelebihan Renault Twizy, Mobil Mungil Elektrikotomobil.com.tr

Renault Twizy dirancang dapat menempuh rata-rata 60-70km dalam sekali pengisian. Pengisiannya sendiri pun hanya membutuhkan waktu tiga jam hingga baterai mobil ini full. Jadi sangat cocok ketika dipakai untuk pulang pergi dari rumah ke kantor. Renault sendiri mengklaim jika dipakai sangat optimal dengan catatan tidak ada kemacetan, mobil ini dapat menempuh hingga 100 km.

Baca Juga: 6 Kisah di Balik Desain-desain Mobil Keren Asal Eropa

3. Handling yang sangat stabil dan menggunakan penggerak belakang

Intip Kelebihan Renault Twizy, Mobil Mungil ElektrikEvo

Suspensi yang digunakan independen keempat ya dan menggunakan pir keong. Ketika digunakan dalam kecepatan yang maksimal 80 km/h dengan manuver yang mendadak, mobil ini tetap sangat stabil, tidak terasa seakan-akan mobil ini akan terguling meskipun dari luar terlihat ngeri karena bodinya agak tinggi.

Mobil ini juga menggunakan penggerak belakang dengan tenaga maksimal 17 HP. Dengan tenaga tersebut dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk berkendara sehari-hari di dalam kota. Untuk transmisi nya sendiri hanya ada 3, yaitu ‘D’ untuk maju, ‘N’ untuk neutral, dan ‘R’ untuk reverse/mundur.

4. Sistem keamanan yang terjamin

Intip Kelebihan Renault Twizy, Mobil Mungil ElektrikDrivingElectric

Tidak lupa dengan sistem keamanan, Renault Twizy dilengkapi dengan airbag di bagian setirnya. Di dalam mobil juga dilengkapi dengan seatbelt 3 titik di kedua kursinya, depan dan belakang. Kemudian di bagian kanan dashboard, ada sebuah laci yang apabila pengendara ingin membuka nya harus memasukkan kunci kontak ke dalam slot kunci di bawah laci tersebut.

Jadi tidak sembarang orang dapat membuka laci tersebut. Kemudian di bagian speedometer nya terdapat indikator baterai yang menandakan kapasitas baterainya, juga dilengkapi dengan perkiraan seberapa jauh mobil ini dapat digunakan dengan persentase baterai tersebut.

Selain itu ada panel-panel seperti ‘N’ untuk keadaan neutral, ‘Go’ ketika kendaraan siap untuk dilajukan, indikator transmisi untuk menunjukkan posisi transmisinya pada saat itu, ‘level throttle’ untuk menunjukkan seberapa besar tenaga listrik yang digunakan, ‘stop’ untuk mengindikasikan ada gejala malfunction pada mobil, dan yang terakhir ‘serv’ ketika kita harus memasukkan mobil ini ke service.

https://www.youtube.com/embed/eIPCXZCJiG0

Baca Juga: 7 Perbedaan Mobil Matic & Manual yang Wajib Diketahui Pemilik Baru

Hansel Davin Sugiarto Photo Community Writer Hansel Davin Sugiarto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You