Comscore Tracker

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluaran

Perlu dicoba nih!

Ibarat orang kehausan yang minum agar lancar beraktivitas, seperti itulah perumpamaan kendaraan yang akan berfungsi jika sudah terisi bahan bakar. Tak hanya merawat fisik kendaraan, pengisian bahan bakar pun menjadi hal penting yang wajib kamu perhatikan selama berkendara. Mengisi bahan bakar kendaraan, artinya kamu tetap memperhatikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat berada di jalan raya.

Untuk menghemat penggunaan bahan bakar, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

1. Jangan terlalu banyak menyimpan muatan di dalam mobil

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluaranpoorerthanyou.com

Jangan salah, menyimpan beban yang terlalu berlebihan dalam mobil bisa berakibat pada terkurasnya bahan bakar juga, lho. Karena muatan tak sesuai dengan standar, penggunaan energi kinetik akan memerlukan banyak tenaga yang berakibat pada berkurangnya bahan bakar. Jadi, jangan terlalu banyak menyimpan muatan ya agar bahan bakar kendaraan kamu bisa tetap awet dan gak boros.

2. Maksimalkan performa mesin mobil dengan tune up secara berkala

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluarancolchinautomotive.com

Melakukan tune up pada kendaraan secara rutin memang biasanya akan meningkatkan performa mobil menjadi lebih gesit. Performa mobil yang tetap berada pada kondisi prima akan membuat penggunaan bahan bakar tetap stabil dan terjaga. Kamu tak perlu khawatir mobil mogok di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar yang terjadi secara tiba-tiba.

3. Hemat penggunaan bahan bakar dengan pemakaian oli sintesis

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluarancarmudi.com.ph

Tak hanya mengenai muatan dan performa, sebaiknya pakai juga oli sintesis untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Seperti yang sudah kamu ketahui, memakai oli sintesis akan menghemat 5 persen penggunaan bahan bakar dari biasanya. Selain itu, oli sintesis juga akan membuat suku cadang kendaraan menjadi lebih awet dan tetap berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Menyalip Kendaraan Menurut Undang-undang, Sudah Patuh Belum?

4. Gunakan pedal rem dengan perlahan

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluarandriversedguru.com

Saat menaiki kendaraan, gunakan juga pedal rem dengan perlahan dan hati-hati. Meski kamu sedang berada dalam situasi yang tak bersahabat, jangan menggunakan pedal rem dengan kekuatan penuh secara paksa. Penggunaan pedal rem dengan tekanan kuat secara tak langsung akan membuat bahan bakar bisa cepat terkuras habis.

5. Rutin melakukan pengecekan keadaan filter udara mobil

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluaranautobytel.com

Untuk menghemat penggunaan bahan bakar, kamu juga perlu melakukan pengecekan dan perawatan filter udara mobil secara rutin. Filter udara mobil yang berdebu dan tak bersih tentu saja akan menguras bahan bakar menjadi cepat habis. Selain itu, filter udara mobil yang jarang dibersihkan akan membuat mesin mobil lebih cepat mengalami kerusakan.

6. Ikuti standar tekanan angin ban

6 Tips Sederhana Hemat BBM Mobil, Biar Gak Boros Pengeluaranmotorbeam.com

Meski sepele, standar tekanan angin ban mobil juga wajib kamu perhatikan jika ingin menghemat penggunaan bahan bakar. Isi tekanan angin ban sesuai standar agar kamu bisa menghemat pemakaian bahan bakar sebesar 3 persen. Tak hanya menghemat bahan bakar, tekanan angin yang pas akan membuat kamu merasa nyaman saat berkendara.

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana di atas, yakin kamu pasti gak akan kebobolan pengeluaran untuk membeli bahan bakar.

Baca Juga: Car Free Day, Makna yang Seharusnya Bebas dari Semua Kendaraan 

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You