Comscore Tracker

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri Kanan

Konsentrasi tetap yang utama

Jika tidak memiliki kecakapan menyetir yang mumpuni, berkendara di jalan sempit tentu saja merupakan momok yang cukup membuat was-was pengendara. Alih-alih ingin aman berkendara, kamu malah senggol kiri-kanan saat terpaksa melintas jalan yang hanya bisa dilalui satu mobil.

Jangan was-was dulu, berikut ini beberapa tips aman saat kamu masuk jalan sempit biar gak senggol senggolan dengan tiang, bangunan, pagar, atau kendaraan lain;

1. Perlambat kecepatan mobil

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri KananPixabay.com/cocoparisienne

Kunci utama saat melintas jalan sempit tentu saja adalah mengenai laju kendaraan. Kurangi kecepatan mobil agar kamu tetap bisa menguasai situasi jalan raya dan menghindari tubrukan dengan pengendara lain di depan. Memperlambat kecepatan mobil di jalan sempit artinya kamu tetap menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

2. Gunakan feeling dan tetap konsentrasi

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri KananPixabay.com/Free-Photos

Selain mengurangi kecepatan, kamu juga harus tetap berkonsentrasi dan hati-hati saat menyetir di jalan sempit. Gunakan juga feeling agar kamu bisa memprediksi bagian-bagian mana yang dihindari, jarak aman yang harus dijaga, dan situasi yang perlu diwaspadai. Berkonsentrasi saat melintas jalan sempit akan membuat keahlian menyetir kamu semakin terasah dengan sempurna.

3. Duduk dengan posisi sempurna sehingga tangan dan kaki bisa leluasa bergerak

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri KananPixabay.com/Pexels

Gestur tubuh juga wajib kamu perhatikan saat kamu tak sengaja terjebak melintas jalan sempit. Selalu posisikan tubuh dengan tegap agar posisi tangan dan kaki bisa leluasa bergerak melakukan tugasnya masing-masing. Gestur tubuh yang benar tentu saja akan membuat konsentrasi kamu ketika menyetir tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat Sabuk Pengaman Saat Menyetir, Yakin Masih Gak Mau Pakai!

4. Jangan lupa klakson saat menghadapi tikungan tajam atau berikan tanda lain

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri Kananhellotricity.in

Gunakan klakson dengan bijak bisa diaplikasikan ketika kamu melintas jalan sempit. Terutama ketika akan menghadapi tikungan tajam, jangan lupa bunyikan klakson atau tanda lain agar tidak saling mendahului. Klakson atau tanda lain akan memudahkan pengendara untuk menentukan laju kendaraan akan maju atau tidak.

5. Harus sering-sering mengalah dengan mundur seperlunya

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri KananPixabay.com/Pexels

Jangan karena sulit melintas, kamu mengabaikan kenyamanan dan keselamatan pengendara lain karena ingin cepat sampai di tempat tujuan. Jika tak sengaja berpapasan dengan pengendara lain di depan, mengalah merupakan solusi terbaik agar urusan tidak panjang dan menjadi rumit.

Jika masing-masing pihak mengalah, kenyamanan dan keamanan berkendara pun sudah pasti akan didapatkan. Usahakan tetap fokus dan hati-hati, ya!

Baca Juga: 5 Hal Dasar yang Wajib Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Menyetir

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You