Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempis

Jangan dipaksain

Ketika berkendara di jalan raya, terkadang beberapa gangguan yang tak diharapkan kerap terjadi tanpa diduga. Satu di antara sekian banyak gangguan tersebut tentu saja mengenai ban mobil yang kempis di tengah jalan.

Saat ban kempis, ada beberapa pengendara yang langsung membawanya ke bengkel, namun tak sedikit juga yang tetap mengendarai mobil tanpa perasaan was-was. Berikut ini beberapa hal buruk yang akan kamu rasakan saat memaksa tetap berkendara meski ban mobil sedang kempis di tengah jalan;

1. Gaya gesek ban dan jalan raya semakin berat sehingga berpotensi membuat ban meledak

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempisbrookfieldtowing.com

Saat kamu memaksa menjalankan mobil ketika ban dalam keadaan kempis, maka potensi ban semakin menipis pun akan semakin besar terjadi. Selain itu, gaya gesek antara aspal jalan raya dengan permukaan ban akan semakin kuat sehingga berisiko memunculkan ledakan pada ban. Karena dipaksa terus-menerus bekerja maksimal, ban akan kehilangan kekuatan untuk menopang bobot mobil secara keseluruhan.

2. Merusak komponen mobil lainnya

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempiscarfromjapan.com

Tak hanya berisiko membuat ban meledak, memaksa mobil tetap berjalan saat ban kempis juga tentu saja akan merusak komponen-komponen lainnya. Laju mobil yang tak seimbang karena ban kempis akan membuat suku cadang mobil tergeser dan bisa memicu kerusakan lebih besar. Jangan hanya karena ban kempis kamu mengorbankan komponen-komponen mobil yang lainnya.

3. Risiko terjadinya kecelakaan bisa lebih besar

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempislifewire.com

Risiko paling parah ketika memaksa kendaraan tetap jalan dalam keadaan ban kempis bisa berakibat pada kecelakaan. Terutama ketika melajukan mobil dalam kecepatan maksimal, maka posisi mobil pun akan oleng dan bisa saja menabrak kendaraan-kendaraan lain di sekitarnya.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan tersebut, segera bawa mobil ke bengkel ketika ban sudah kempis maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Mobil, Jangan Lupa Rotasi Ban Secara Berkala

4. Laju kendaraan tidak bisa terkontrol dengan baik

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempisyourmechanic.com

Memaksa kendaraan tetap berjalan dalam keadaan ban mobil kempis juga akan membuat kamu tidak fokus menyetir. Karena oleng dan tak seimbang, kamu tidak bisa mengontrol laju mobil dengan baik dan terjaga. Rasa tidak nyaman dan perasaan was-was sudah pasti akan kamu rasakan jika tidak segera mengganti ban kempis dengan ban cadangan.

5. Menyedot lebih banyak bahan bakar

5 Hal Buruk yang Terjadi Saat Kamu Memaksa Jalan Ban Mobil Kempischamptires.com

Ketika mesin mobil bekerja maksimal saat keadaan ban sedang kempis, maka energi yang dikeluarkan pun akan lebih besar. Mesin mobil yang dipaksa bekerja maksimal akan membuatnya cepat panas dan rawan kecelakaan.

Selain itu, energi yang keluarpun tentu saja akan menyedot lebih banyak bahan bakar sehingga bisa menurunkan fungsi beberapa bagian motor.

Dengan mengetahui bahaya-bahaya di atas, jangan sekali-kali mengendarai mobil saat ban sedang kempis ya?

Baca Juga: Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You