5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!

Wajib dilakukan bagi yang punya motor!

Aki merupakan salah satu komponen penting motor yang berkaitan dengan sistem kelistrikan dan sejenisnya. Starter, lampu sein, lampu sorot, klakson, adalah beberapa bagian motor yang menggunakan aki sebagai pusat kerjanya. Saat aki bermasalah, maka kinerja motor secara keseluruhan akan terganggu dan tak akan bisa digunakan secara sempurna.

Untuk menjaga aki agar tetap awet, berikut ini beberapa kiat sederhana untuk merawatnya agar penggunaannya tetap tahan lama.

1. Hindari jalanan berlubang, berkerikil dan rusak

5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!Pixabay.com/SplitShire

Meski tak berhubungan langsung dengan aki, sebaiknya hindari jalan rusak yang berlubang, banyak kerikil dan kubangan tajam. Karena aki harus berada dalam posisi yang tetap, maka menghindari jalan rusak bisa menyelamatkannya dari guncangan. Guncangan yang terlalu tajam akan berakibat fatal pada bocornya aki sehingga tak akan berfungsi dengan baik.

2. Jangan lupa selalu panaskan motor jika tidak digunakan setiap hari

5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!visordown.com

Setidaknya minimal 15 menit kamu harus memanaskan motor agar sistem kelistrikan bisa berfungsi dengan normal. Suplai arus listrik yang menghubungkan ke aki harus tetap berada dalam kondisi panas agar sel-sel di dalam aki tidak kering. Apalagi jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, pemanasan motor tentu saja wajib kamu lakukan secara rutin.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Ban Motor Baru yang Tepat Agar Tahan Lama

3. Jaga kabel terminal aki agar tetap bersih dan terawat

5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!koppautocenter.com.br

Selain memanaskan motor untuk menjaga keawetan aki, kamu juga harus menjaga kabel-kabel terminal aki agar tetap berada dalam kondisi yang bersih, kering dan terawat. Jika tidak dibersihkan, maka permukaan aki akan lembab dan rawan terjadi konsleting listrik yang mengakibatkan kerusakan komponen aki.

4. Jangan menambahkan banyak aksesoris pada motor

5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!juzzwheelzz.com.sg

Jangan karena alasan biar gaul dan nyentrik, kamu menambah aksesoris motor yang banyak memakan daya listrik. Penggunaan aksesoris motor yang terlalu berlebihan tentu saja akan membuat aki cepat soak karena dipaksa bekerja terus-menerus. Kamu tentu tidak ingin aki motor kamu mengalami kerusakan hanya karena masalah aksesoris motor yang tidak perlu bukan?

5. Matikan seluruh komponen kelistrikan sebelum mematikan motor

5 Kiat Jitu Merawat Aki Motor Biar Awet dan Gak Mudah Soak!tigitmotorbikes.com

Ingat ya, selalu matikan seluruh komponen kelistrikan sebelum mematikan motor dan memasukannya ke dalam rumah. Jika tidak dimatikan, maka penggunaan listrik ketika motor dinyalakan akan lebih banyak menyedot tenaga aki sehingga rawan soak. Meski sepele, hal tersebut biasanya sering dilupakan para pengendara ketika mematikan motornya.

Segera cek aki motormu ya biar perjalananmu tetap nyaman dan selamat sampai tujuan.

Baca Juga: 7 Motor Antik Termahal dari Hasil Lelang, Ada yang Diharga Rp13 Milyar

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You