5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban Begal

Tetap waspada ya?

Saat berkendara, terkadang kamu pasti pernah melintasi jalanan sepi yang jarang dilalui oleh kendaraan atau orang. Terlebih ketika jalan raya tersebut asing dan tak pernah kamu lewati, ada semacam perasaan was-was dan khawatir ketika kamu melintasinya. Jika tak waspada, bisa saja kamu menjadi korban kejahatan yang akhir-akhir ini marak terjadi di jalan raya yang cukup sepi.

Untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan, berikut ini beberapa tips sederhana saat kamu melintasi jalan sepi agar terhindari dari pelaku begal;

1. Tetap konsentrasi dan jangan biarkan pikiranmu kosong

5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban BegalPixabay.com/cocoparisienne

Meski kamu sedang menghadapi masalah berat, jangan sekali-kali melamun saat sedang melintas jalanan yang sepi. Tetap konsentrasi dan waspada dengan suasana sekitar dan jangan biarkan pikiran kosong saat berkendara. Pikiran yang terjaga akan membuatmu tetap fokus dengan suasana sekitar dan bisa meminimalisir kejahatan yang kapan saja bisa saja terjadi.

2. Gesit dan sigap ketika berkendara

5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban BegalPixabay.com/Pexels

Selain waspada dan konsentrasi, kamu juga harus sigap dan gesit saat menggunakan kendaraan di jalanan sepi. Saat kamu melihat gelagat tak baik di sekitar jalan raya yang sepi, segera ambil langkah jitu dengan menghindarinya sejauh mungkin. Meski harus gesit dan sigap, kamu tetap harus berhati-hati saat menjalankan kendaraan di jalan sepi.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Pengendara yang Melintas Pelan di Tengah Jalan

3. Segera cari tempat ramai jika ingin berhenti

5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban Begalcarscoops.com

Ingat ya, jangan sekali-kali memberhentikan mobil di jalan sepi karena hal tersebut bisa memicu kejahatan secara tak terduga. Jika pun terpaksa akan berhenti karena ada urusan mendesak, arahkan kendaraan ke tempat-tempat ramai agar keamanan selalu tetap terjaga. Tempat yang ramai akan menyulitkan para pelaku begal untuk menjalankan aksi tak terpujinya.

4. Atur kecepatan mobil, jangan terlalu lambat atau terlalu cepat

5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban Begalidaoffice.org

Tak hanya harus gesit, kamu juga perlu mengatur laju kendaraan sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Jangan menjalankan kendaraan terlalu pelan karena bisa berpotensi akan diikuti oleh para pelaku tindak kejahatan dari belakang. Namun juga jangan terlalu cepat menjalankan kendaraan karena pelaku kejahatan bisa saja menghadangmu dari depan.

5. Jangan menggunakan atau memakai barang-barang yang mencolok dan mewah

5 Kiat Sederhana Melintas Jalan Sepi Biar Gak Jadi Korban Begallifewire.com

Nah, ini nih yang menjadi dasar utama mengapa kejahatan di jalan raya sepi bisa terjadi. Saat berkendara di jalan raya yang sepi, jangan sekali-kali memakai barang-barang mewah, mahal dan mencolok ya? Ingat selalu, kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelakunya, namun juga karena adanya kesempatan. Jadi, hindari mengenakan barang-barang yang mengundang pelaku kejahatan melakukan aksi tak terpujinya ya?

Jadi, selain memperhatikan fisik kendaraan, kamu juga perlu waspada dengan suasana sekitar agar keselamatanmu bisa tetap terjaga dengan aman.

Baca Juga: 5 Tips Menyalip Kendaraan Menurut Undang-undang, Sudah Patuh Belum?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You