Comscore Tracker

Mercedes-Benz EQE vs Lexus UX 300e, Mana Lebih Mewah?

Keduanya sama-sama mobil listrik premium

Jakarta, IDN Times - Mercedes-Benz baru saja luncurkan mobil listrik pertamanya di Tanah Air, yakni Mercedes-Benz EQE dan EQS, Kamis (08/12/2022). Kedua mobil tersebut akan masuk kedalam jajaran mobil listriik mewah dan akan bersaing ketat dengan Lexus UX 300e.

Apa saja perbedaan Mercedez-Benz EQE dan Lexus UX 300e? Yuk, kita intip!

1. Perbandingan baterai

Mercedes-Benz EQE vs Lexus UX 300e, Mana Lebih Mewah?Lexus UX 300e (dok. Lexus)

Lexus Ux 300e dilengkapi Permanent Magnet Motor ditambah Lithium-ion bertegangan 355,2 Volt dengan motor listrik berkapasitas 54.35 kWh. Untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu 5 hingga 6 jam menggunakan AC wall charger, sementara untuk pengisian di SPKLU hanya butuh waktu sekitar 50 menit. Mobil ini juga dapat diajak berlari hingga jarak maksimal 300 km dalam sekali pengisian daya.

Nah, untuk Mercedes-Benz EQE menggunakan baterai yang terletak di bagian bawah kendaraan berkapasitas 90 kWh yang memiliki daya untuk jarak tempuh 660km dengan satu kali pengisian baterai. Konsumsi daya listrik dari the new EQE WLTP adalah 18,7-15,9 kWh/100 km.

Baca Juga: Mobil Hybrid Dinilai Nanggung, Mobil Listrik Laris Manis

2. Ekterior dan interior EQE lebih mewah

Mercedes-Benz EQE vs Lexus UX 300e, Mana Lebih Mewah?The New MBUX Hyperscreen (IDN Times/Fadhliansyah)

Urusan tampilan, Mercedes EQE dan Lexus UX memiliki penampilan yang sama-sama sporty dan elegan, namun ada perbedaannya pada bagian kabinnya. EQE memiliki interior yang lebih mewah dan beragam fitur unggulan. Terdapat dua layar pada bagian depan pengemudi dan tengah yang berukuran 12,3 inci dan 12,8 inci. Fiturnya ada Panoramic Sliding Sunroof, THERMOTRONIC automatic climate control dengan 4 zona iklim, Active Ambient Lighting, DIGITAL LIGHT, dan Sistem audio Burmester 3D surround sound.

Sedangkan untuk Lexus UX 300e, memiliki fitur Layar Touch Screen 10,3 inci, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor,  signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.dan All-Around Parking Sensors. Memang, bila dibandingkan dengan Mercedes EQE, mobil Lexus UX memiliki fitur yang lebih minimalis.

3. Performa motor listrik

Mercedes-Benz EQE vs Lexus UX 300e, Mana Lebih Mewah?Mercedes-Benz EQS 450+ AMG Line (IDN Times/Fadhliansyah)

Kalau dari sisi motor listriknya, Mercedes-Benz EQE yang dihadirkan memiliki tenaga setara 292 dk dan torsi puncak 565 Nm. Dengan spesifikasi performa motor listrik dan fitur yang disuguhkan, mobil ini dibanderol dengan harga Rp2,12 miliar yang sudah dapat dipesan oleh konsumen dan akan didistribusikan pada Januari 2023 mendatang.

Sementara Lexus UX 300e dibekali motor penggerak AC Permanent Magnet Motor dengan penggerak roda depan (FWD) yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 201 HP dan torsi maksimum 300 Nm. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 7,5 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 160 km per jam. Oya, mobil ini ditawarkan dengan harga Rp1,4 miliar.

Baca Juga: Gak Pakai Lama, Mengecas Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS Cuma 45 Menit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya