Comscore Tracker

Subaru Rex Meluncur, Jadi Kembaran Daihatsu Rocky

Resmi meluncur di Jepang

Jakarta, IDN Times - Subaru Rex 2023 resmi diluncurkan untuk pasar Jepang, Jumat (11/11/2022). Mobil ini merupakan rebadge langsung dari Daihatsu Rocky yang sudah meluncur sejak 2019.

Secara penampilan, Subaru Rex 2023 sama persis dengan Daihatsu Rocky. Letak perbedaannya hanya terletak pada logo dan emblem Rex yang menggantikan logo Daihatsu dan Rocky di bagian belakang.

1. Hanya tersedia versi mesin 1.2L

Subaru Rex Meluncur, Jadi Kembaran Daihatsu RockySubaru Rex 2023 (dok. Subaru)

Sebenarnya, Subaru Rex bukanlah produk baru. Mobil ini sudah pernah disematkan dan diluncurkan sejak 1972 hingga 1990 yang ditunjukkan pada pasar Jepang, Eropa, Amerika Selatan, Karibia, dan Australia.

Pada Subaru Rex 2023, hanya tersedia dua varian, yaitu Rex G dan Rex Z. Kedua varian tersebut dibekali mesin WA-VE dengan kapasitas 1.2 liter 3 silinder. Berkatnya, mobil ini dapat menghasilkan tenaga 87 PS dan torsi 113 Nm yang berpadu dengan transmisi CVT otomatis.

Baca Juga: Selain Ayla EV, Daihatsu Pajang Rocky Hybrid di GIIAS 2022

2. Tak hanya luarnya, interiornya juga sama

Subaru Rex Meluncur, Jadi Kembaran Daihatsu RockySubaru Rex 2023 (dok. Subaru)

Nah, mobil hasil kolaborasi ini ternyata juga memiliki desain interior yang sama lho dengan Daihatsu Rocky. Mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit touchscreen 9 inci, panel instrumen digital 7 inci, AC digital, dan rem parkir elektrik.

Seperti halnya Rocky, Rex juga memiliki fitur keselamatan aktif Smart Assist yang terdiri dari pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure warning, adaptive driving beam, road sign assist, blind spot monitor, dan rear cross traffic alert.

3. Menjadi mobil Subaru termurah

Subaru Rex Meluncur, Jadi Kembaran Daihatsu RockySubaru Rex 2023 (dok. Subaru)

Subaru Rex 2023 ini juga menjadi mobil yang unik dengan menjadikan dirinya sebagai mobil termurah dari merek Subaru. Rex juga menjadi SUV terkecil yang dijual Subaru. Mobil ini diposisikan di bawah Crosstrek dan Forester. 

Soal harganya, untuk varian Subaru Rex 2023 tipe G CVT 2WD dibanderol dari 1,82 juta yen atau setara Rp199 juta. Sedangkan untuk tipe Z CVT 2WD dihargai mulai 2,17 juta yen yang bila dirupiahkan sekitar Rp237 jutaan.

Baca Juga: All New Subaru BRZ Akhirnya Sampai ke Tangan Konsumen

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya