Comscore Tracker

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini Caranya

Jangan disepelekan bila tak ingin mobil rusak

Jakarta, IDN Times - Saat musim hujan, biasanya kendaraan seperti mobil harus mendapatkan perawatan secara khusus. Bila disepelekan, dapat berdampak kerusakan pada mobil.

Yap, musim hujan kerap menimbulkan beberapa masalah pada kendaraan, karena air hujan yang telah tercampur partikel kotoran di jalan memiliki kandungan asam dan garam yang bisa merusak lapisan mobil beserta komponen mesin mobil.

Lalu, seperti apa sih perawatan yang direkomendasikan. Yuk simak tips merawat mobil pada musim hujan yang sudah dirangkum IDN Times.

1. Keringkan mobil setelah terguyur hujan

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini Caranyagroupon.com

Langkah pertama dan sangat mudah adalah dengan mengeringkan mobil setelah menerabas guyuran hujan.

Mobil yang terkena air hujan bisa menyebabkan kerusakan pada bodi mobil. Sebab air hujan mengandung berbagai kotoran, dan mobil terkena lumpur bekas genangan air. 

Bila ingin mencuci mobil, sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus mobil, air bersih, dan lap yang lembut. Setelah dibilas, keringkan bodi mobil dengan menggunakan lap yang lembut agar tidak merusak cat mobil.

2. Bersihkan kaca dan pintu mobil

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini CaranyaTips merawat mobil saat musim hujan (dok. Istimewa)

Salah satu komponen yang tak kalah penting dan berpotensi rusak saat musim hujan ada kaca dan pintu mobil. Karena itu, kaca mobil yang basah terkena air hujan segera dikeringkan agar tidak menimbulkan jamur.

Cara membersihkannya sangat mudah, cukup semprotkan cairan pembersih kaca khusus, yakni cairan silikon pada kaca dan pintu mobil. Langkah ini dilakukan untuk melembabkan karet pada kaca mobil dan pintu mobil yang sering terpapar sinar matahari dan air hujan langsung.

Baca Juga: Mitos-Mitos Perawatan Mobil, Jangan Sampai Jadi Korban Ya!

3. Bersihkan kaki-kaki mobil

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini Caranyanmaa.co.id

Kaki-kaki mobil yang bersentuhan langsung dengan air hujan atau genangan air hujan di atas permukaan jalan menjadi bagian lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, genangan air hujan mengandung banyak kotoran yang tercampur dengan lumpur. Untuk mengatasinya cukup mudah, bersihkan kaki-kaki mobil dengan sampo mobil khusus dan semprotkan air.

4. Periksa wiper, rem, dan ban mobil

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini CaranyaWiper Mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Nah, komponen selanjutnya yang memerlukan perhatian khusus adalah wiper mobil. Pastikan wiper dalam kondisi baik karena wiper berperan sangat penting saat musim hujan guna membersihkan kaca depan mobil akibat guyuran hujan supaya pengemudi dapat melihat jalanan dengan jelas.

Karenanya, penting untuk membersihkan wiper dengan rutin dan melumasi wiper dengan cairan wiper khusus.

Selain wiper, komponen mobil lainnya yang memiliki peran vital saat musim hujan adalah rem mobil. Penting untuk rutin memeriksa rem mobil, bila sudah aus, cepatlah untuk menggantinya.

Begitu pula dengan ban mobil, apakah sudah botak atau masih dalam kondisi sesuai standar keamanan. Itu dilakukan agar rem dan mobil dapat bekerja lebih optimal saat musim hujan.

Baca Juga: Cara Perawatan Sistem Kelistrikan Mobil, Mudah Dilakukan di Rumah 

5. Cek komponen mobil

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Begini Caranyailustrasi mesin mobil (Pixabay/Devolk)

Langkah selanjutnya, adalah mengecek mesin mobil dengan baik. Sebab, mesin mobil yang terganggu dengan air hujan bisa menyebabkannya mogok.

Patut diketahui, setiap mobil memiliki celah-celah yang menjadi jalur masuknya air ke dalam komponen mesin mobil. Rutinlah untuk mengeceknya guna menghindari hal yang tidak diinginkan pada saat hujan.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya