Comscore Tracker

IIMS 2019 Dibuka Hari Ini, Target Transaksi Lebih dari Rp4 Triliun

Wah kira-kira berapa kendaraan yang bakal terjual di IIMS?

Jakarta, IDN Times - Ajang pameran otomotif Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, secara resmi dibuka. Perhelatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 25 April-5 Mei mendatang.

Sejumlah brand otomotif mulai dari kendaraan roda empat dan roda dua ambil bagian untuk memeriahkan pameran otomotif ini. Brand kendaraan roda empat yang ikut di antaranya adalah Honda, Toyota, Chevrolet, DFSK, Wuling, Audi, Mercedes-Benz, MINI, BMW, dan Kawasaki, lalu Honda, Piaggio, Suzuki, Royal Enfield, Triumph, dan masih banyak lagi brand roda dua yang juga ikut di IIMS 2019 edisi kali ini.

1. IIMS 2019 targetkan 500 ribu pengunjung

IIMS 2019 Dibuka Hari Ini, Target Transaksi Lebih dari Rp4 TriliunIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Penyelenggara IIMS 2019 yang diwakili oleh Komsaris Utama PT. Dyandra Media International Tbk, Liliek Utama, mengungkapkan target transaksi yang dicanangkan kali ini di atas Rp4 triliun. Sebab, kata dia, pihaknya optimistis bisa mendatangkan 500 ribu pengunjung lebih yang di antaranya bisa dipermudah transaksinya karena disokong teknologi digital yang dikolaborasikan dengan berbagai industri.

"Kami menghadirkan Telkomsel yang didukung LinkAja, lalu ada Shopee yang juga menyediakan tiket secara daring. Targetnya IIMS 2019 bisa datangkan 500 ribu pengunjung dengan jumlah transaksi melebihi Rp4 triliun," kata Liliek saat memberi sambutan dalam pembukaan IIMS 2019, Kamis (25/4) siang.

Baca Juga: Hore! Gesits dan Lambretta Ramaikan IIMS 2019

2. IIMS merangsang ekosistem industri otomotif

IIMS 2019 Dibuka Hari Ini, Target Transaksi Lebih dari Rp4 TriliunIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di sisi lain, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato, mengapresiasi ajang IIMS ini. Menurut dia, ajang yang sudah digelar untuk ke-11 kalinya ini bisa merangsang ekosistem industri otomotif di Tanah Air. Hal itu penting karena baik bahan baku dan produksinya sudah ada di dalam negeri dan sudah mulai diekspor.

"Harapan kami tahun ini bisa mengekspor 400 ribu unit kendaraan. Ini akan terus kami dorong, apalagi kami sudah memiliki low hanging fruit export ke Australia," bebernya.

3. Truk tambang ikut mejeng di IIMS 2019

IIMS 2019 Dibuka Hari Ini, Target Transaksi Lebih dari Rp4 TriliunIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Uniknya, di IIMS kali ini, tak cuma kendaraan roda dua dan empat saja yang hadir dalam ajang ini. Truk super besar yang biasa digunakan di area tambang, yakni Caterpillar 777E juga ikut dipamerkan. Ukurannya tak main-main, Caterpillar 777E ini memiliki panjang 10 meter, lebar 6 meter, dan kekuatan mesin sekitar 1.000 daya kuda.

Tak pelak, pengunjung yang datang pun tertarik untuk melihat truk yang besarnya di atas rata-rata tersebut.Bahkan, di antaranya melakukan swafoto untuk mengabadikan momen di acara IIMS kali ini.

4. Ada motorboat di IIMS 2019?

IIMS 2019 Dibuka Hari Ini, Target Transaksi Lebih dari Rp4 TriliunIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Tak hanya itu, IIMS kali ini untuk pertama kalinya akan menggelar Indonesia Boating Gathering. Nantinya pengunjung bisa menyaksikan kapal motorboat, kapal layar, hingga water craft.

"Saya yakin, dengan aneka ragam akitivitas dapat menambah nilai dari IIMS 2019. Untuk IBG adalah kegiatan komunitas yang cukup beragam nantinya," ujar Presiden Direktur PT. Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh.

Baca Juga: Hari Pertama IIMS 2019, Honda Kenalkan Mobil Anyar

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You