Comscore Tracker

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap Mengaspal

Wuling Cortez jadi MPV kelas menengah

Jakarta, IDN Times - Pabrikan mobil asal China, Wuling Motors, tak hanya memperkenalkan varian terbarunya, Confero S ACT. Mereka juga merilis produk di segmen MPV lain, yaitu Wuling Cortez CT.

"Kami terus launching produk baru dan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat. Sehingga memberikan pengalaman baru dengan Wuling yang lebih nyaman," kata Brand and Marketing Director Wuling Motor, Yin Yi di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4).

1. Wuling Cortez CT memiliki mesin yang sama dengan Almaz?

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap MengaspalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mobil ini menawarkan performa yang sangat menarik. Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, Cortez CT ini berinduksi turbo charged yang dipadukan transmisi CVT. Jika dibandingkan, mobil ini memiliki spesifikasi mesin yang hampir sama dengan Wuling Almaz.

Baca Juga: 5 Fitur Unik yang Dimiliki Wuling Confero S, Bikin Pengen Beli!

2. Engine transmisi CVT sama dengan Almaz, tapi ...

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap MengaspalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko, mengaku platform power transmisinya adalah pengembangan dari mesin Almaz karakteristik Cortez CT berbeda dengan Almaz. Hanya saja, ada penyesuaian yang dilakukan karena karakteristik mobil yang berbeda.

"Mesin ini kami kembangkan menyesuaikan karakteristik mobil Cortez CT. Engine transmisi CVT sama dengan Almaz. Perbedaannya, tunning, kompensasi bobot kendaraan, body, dan suspensi untuk karakter pengendalian," ujar dia.

3. MPV yang gahar

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap MengaspalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Saat IDN Times diberi kesempatan untuk menjajal performa MPV dengan kapasitas tujuh penumpang di Sirkuit Sentul, Cortez CT terasa lebih gahar dan powerful. Mobil ini menghasilkan tenaga 140 hp pada putaran 5.200 rpm dengan torsi maksimal 250 nm pada rentang 1.600-3.600 rpm sehingga 8 percepatan menjadikannya lebih efisien dan bertenaga.

Kami juga sempat menjajal fitur keselamatan dengan pengereman cakram di keempat roda yang berukuran 16 inci, ABS, EBD dan BA. Saat mencoba menginjak rem secara mendadak di kecepatan tinggi, sistem anti-lock breaking membantu dalam pengendalian mobil dan roda pun tak slip.

4. Wuling Cortez CT punya fitur AVH

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap MengaspalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Selain itu, fitur lain yang menarik perhatian adalah Automatic Vehicle Holding (AVH). Saat menjajal kegunaannya, fitur ini ternyata bekerja saat mobil direm.

Mencoba di jalan menanjak, mobil sengaja dihentikan. Fitur itu otomatis membuat mobil mengunci di posisi tersebut hingga kaki terangkat dari pedal rem. Ia akan nonaktif kembali usai kita menginjak pedal gas.

Tentu fitur ini bermanfaat untuk menghadapi kemacetan, baik dijalan menanjak, menurun, hingga kemacetan di dalam kota, sehingga tangan tak perlu lagi capai menggunakan hand brake.

5. Harga Wuling Cortez CT dirahasiakan hingga event IIMS

Dibekali Mesin Turbo, Wuling Cortez CT Siap MengaspalIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kecanggihan lainnya hadir dalam auto-hold, hill hold control, traction control system, electronic stability control, dan tire preasure monitoring system, ISOFIX dan Imobilizer, hingga tampilan elegan karena ada sunroof yang diatur secara digital menggunakan keyless remote.

Akan tetapi, bagi kalian yang tak sabar ingin segera memiliki Cortez CT ini harus bersabar sampai beberapa hari ke depan. Sama dengan Confero S ACT, mobil ini baru akan dirilis harganya pada ajang International Indonesia Motor Show (IIMS) 2019 yang dihelat 25 April-5 Mei mendatang.

Baca Juga: Luncurkan Confero S ACT, Wuling Usung Transmisi Manual Gaya Baru

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You