Comscore Tracker

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! 

Boros BBM berawal dari perilaku pengendara lho

Salah satu pengeluaran sehari-hari yang memiliki alokasi dana besar setiap bulannya adalah transportasi. Makin terasa saat kamu memiliki kendaraan pribadi. Benar nggak? Nah, sebelum marah-marah karena pengeluaran kamu makin lama makin boros, coba deh cek beberapa tips ini.

1. Selalu cek kondisi kendaraan secara berkala

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! Shutterstock/Siriranya Studio

Meski nggak bisa ngomong, kendaraanmu selalu punya tanda yang menunjukkan kalau lagi ada yang nggak beres lho. Kalau akselerasi mulai menurun, itu sudah tanda-tanda kalau kesayanganmu ini butuh dibawa ke bengkel. Biasanya kalau bensin mulai boros itu disebabkan karena filter udara kotor, timbulnya kerak di ruang bakar, ring piston dan piston yang mulai aus, dan adanya sumbatan pada lubang nozzle injector. Kalau kamu punya skill tinggi buat meng-oprek kendaraanmu sendiri, silahkan saja. Tapi, kalau belum, sebaiknya percayakan kepada yang ahli saja ya.

2. Nggak perlu ngebut saat berkendara

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! Shutterstock/Aleksandr N

Coba pikir kembali, apakah kamu sedang berada di sirkuit Sentul? Kalau nggak, ya nggak perlu ngebut-ngebut juga saat berkendara. Semua orang tahu kalau semakin besar bukaan gasnya maka sudah tentu semakin banyak BBM yang masuk ke ruang pembakaran. Semakin sering kamu melakukannya maka tentu saja semakin boros BBM kamu. Apalagi kalau kamu menganut mazhab “gas pol, rem pol” yang bukan hanya bikin boros BBM tapi juga bikin rem cepat habis. Bahaya ih!

3. Selalu cek tekanan udara pada ban

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! Shutterstock/Welcomia

Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang cukup krusial. Ban yang tekanan udaranya kurang pasti akan terasa lebih berat dan membuat laju kendaraanmu melambat. Sehingga, kamu akan semakin tancap gas supaya bisa lebih ngebut lagi. Pada akhirnya, jadi boros deh. Tapi, tekanan udara yang kurang sempurna bukan hanya bikin BBM boros lho. Handling yang berat, ban cepat meletus, dan ban nggak rata adalah sederet akibat dari tekanan udara yang nggak sempurna. Jadi, coba deh selalu perhatikan tekanan udara pada ban. Kalau bingung harus berapa psi, coba cek lagi buku panduan penggunanya.

4. Gunakan BBM dengan teknologi tinggi

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! Shutterstock/Peter Gudella

Saat ini banyak orang yang menganggap kalau semakin tinggi kadar oktan akan semakin baik bagi mesin. Padahal, realitanya nggak sesimpel itu. Memang sih BBM dengan oktan rendah bisa membuat mesin cepat kotor dan berkerak. Tapi, kadar oktan bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa mesin kendaraanmu lho.

Saran IDN Times, sebaiknya kamu menggunakan BBM dengan teknologi khusus yang bisa menjaga kondisi ruang bakar di mesinmu. Dengan demikian, pembakaran akan jadi lebih optimal dan memperpanjang usia komponen mesin kendaraanmu. Nah, untuk mendapatkan performa mesin terbaik ini, mungkin kamu bisa pakai BBM Shell V-Power.

Soalnya, teknologi DYNAFLEX dari Shell V-Power membuat BBM ini punya 3 kali lebih banyak molekul yang bisa membersihkan hingga 80% endapan dan mengurangi gesekan di dalam mesin. Dengan demikian, kinerja pembakaran akan jadi lebih efisien dan komponen dalam mesin kamu nggak cepat aus. Jadi, kendaraanmu akan lebih irit BBM dan jatah perawatan ke bengkel pun akan berkurang. Keren ‘kan?

FYI saja nih, Shell sudah bekerja sama dengan tim Formula 1 Scuderia Ferrari selama puluhan tahun. Salah satu hasil kolaborasi inovatif antara Shell dan Ferrari ini adalah BBM Shell V-Power. Bahkan, BBM Shell yang khusus digunakan oleh tim Ferrari untuk berlaga di Formula 1 memiliki kandungan yang 99% sama dengan Shell V-Power yang bisa kamu gunakan sehari-hari lho. Jadi, kalau kamu mau merasakan sensasi performa mesin terbaik selayaknya mobil balap Ferrari, ayo gunakan Shell V-Power sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut tentang keunggulan Shell V-Power, yuk klik di sini.

5. Jangan membawa terlalu banyak beban

Nggak Pernah Lakukan 5 Hal Ini? Pantas Kendaraanmu Boros! Shutterstock/Salvador Aznar

Pernah nggak sih kamu masuk ke mobil orang lain, lalu menemukan kalau barang-barang di mobilnya ada banyak banget. Sampai-sampai kamu penasaran apa jangan-jangan orang ini tinggal di dalam mobilnya selama ini. Lebih baik kamu kasih tahu kalau beban yang berlebihan akan membuat mobil dia lebih boros BBM. Eits, apa jangan-jangan orang yang membawa barang terlalu banyak adalah dirimu sendiri? Hmm, kalau begitu yuk cari cermin dan utarakan tiga kata sederhana berikut ini: “bikin boros aja”.

Itu dia lima tips supaya kendaraanmu nggak boros BBM. Kalau kamu masih sering mengabaikan lima hal di atas ya pantas saja kalau selama ini uang kamu habis untuk BBM. Menurut IDN Times sih, perilaku pengendara memainkan peran yang lebih besar dalam efisiensi BBM. Jadi, pastikan kalau cara kamu memperlakukan kendaraanmu sudah sama seperti kamu memperlakukan si tersayang ya.

Topic:

  • Karsa Adiguna

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You