Comscore Tracker

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takut

Dapat diandalkan dan tangguh

Siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini. Negara terbesar di dunia, Federasi Rusia, merupakan salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dan sekarang berada di posisi kedua di bawah Amerika Serikat. Rusia mewarisi puluhan ribu kendaraan militer, jutaan persenjataan, dan senjata nuklir Uni Soviet setelah Soviet runtuh pada 25 Desember 1991. Diakibatkan kekuatan ekonomi dan militer yang melemah akibat perpecahan Uni Soviet, Federasi Rusia kembali membangun kekuatannya secara bertahap hingga sekarang.

Setelah beberapa tahun melakukan pembangunan kembali sejak 1991, Rusia yang dijuluki sebagai negara dengan senjata nuklir terbanyak akhirnya mendapat julukan terbaru, yaitu negara dengan puluhan ribu tank. Julukan ini tidak main-main diberikan kepada Rusia karena menurut fakta sendiri Rusia setidaknya memiliki 20.000 tank aktif maupun cadangan dimana jumlah ini menjadi yang terbanyak di dunia. Tentu dari ribuan tank yang ada, pastinya Rusia memiliki tank-tank terbaik untuk menjaga kedaulatannya.

Berikut adalah 5 tank terbaik Federasi Rusia yang membuat semua musuhnya takut.

1. T-14 Armata

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takutbusinessinsider.sg

Tank T-14 Armata adalah tank terbaru dan termodern yang dimiliki Angkatan Bersenjata Federasi Rusia sekarang. Dipamerkan dalam parade militer Hari Kemenangan 9 Mei 2015, tank ini sudah mendapatkan nama sebagai tank terkuat di dunia. T-14 mengejutkan banyak pihak dikarenakan perkembangan serta pembuatan tank ini sangat tertutup sekali dimana Kementerian Pertahanan Rusia hanya memberikan sedikit info pada tahun 2011.

Armata dilengkapi dengan persenjataan utama meriam smoothbore 2A82-1M 125mm yang juga dapat digunakan untuk meluncurkan misil kendali anti-tank dengan model yang masih belum diketahui dan senjata sekunder senapan mesin berat Kord 12.7mm dimana kedua senjata ini (utama dan sekunder) tidak berawak. Selain senjata-senjata tersebut, tank T-14 Armata juga memiliki tambahan senjata utama dan sekunder, seperti meriam 2A83 152mm smoothbore serta senapan mesin PKTM 7.62mm.

Tank anyar Rusia ini diawaki oleh 3 orang dan dapat menempuh jarak maksimum 500km dengan kecepatan di jalan raya sekitar 90km/jam. Ia juga memiliki sistem pertahanan terbaik dengan menggunakan sistem proteksi Afghanit versi terbaru dimana sistem ini dapat melindungi tank dari serangan misil anti-tank, roket, dan RPG. Selain proteksi terhadap serangan fisik, T-14 Armata tidak lupa dilengkapi dengan perlindungan anti senjata nuklir, biologis, dan kimia.

Armata yang menjadi primadona Kementerian Pertahanan Federasi Rusia dikabarkan akan diproduksi sebanyak-banyaknya dengan estimasi 2.300 unit hingga tahun 2020 dalam berbagai varian. 

2. T-90

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takutrbth.com

Selain Armata, T-90 adalah tank termodern kedua yang dimiliki Rusia setelah bergabung dalam dinas militer pada tahun 1992. Tank ini menjadi tank terakhir yang didesain dan diuji coba pada saat zaman Pemerintahan Uni Soviet. T-90 secara langsung diproduksi massal oleh Pemerintah Rusia dan sampai saat ini setidaknya ada 4 varian tank tersebut di dunia, yaitu T-90A, T-90S, T-90M, dan T-90MS. Perbedaan yang ada di setiap varian adalah dalam pemasangan persenjataan sekunder baru, mesin, dan peningkatan sistem pertahanan.

Tank T-90 dilengkapi dengan persenjataan utama berupa meriam 2A46M 125mm smoothbore yang juga dapat menembakkan misil kendali anti-tank model 9M119 Refleks, senapan mesin berat PKT 7.62mm, dan senapan mesin anti-udara 12.7mm NSVT. Sedangkan untuk sistem pertahannya yang paling umum, T-90 dilengkapi dengan laser pertahanan Shtora-1 yang dapat menggangu sinyal misil anti-tank, ia juga dilapisi dengan lapisan pelindung ERA atau Afganit, dan terdapat juga lapisan pertahanan anti senjata nuklir, biologis, dan kimia.

Kendaraan lapis baja Rusia ini diawaki sebanyak 3 orang dan memiliki jarak tempuh maksimum 550km dengan kecepatan di jalan raya sekitar 60km/jam. Sisi unik yang hanya dimiliki T-90 adalah tank tersebut dapat berenang di bawah air hingga kedalaman 5 meter dengan daya tahan 20 menit, dimana kemampuan ini sangat eksklusif di dalam varian tank tempur Rusia. Selama sejarah Federasi Rusia, T-90 sudah terlibat dalam berbagai pertempuran di dunia, seperti ketika konflik antara Rusia-Georgia, ditambah penggunaan oleh negara lain seperti dalam konflik di Irak dan Suriah. 

3. T-80

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takutindependent.co.uk

Sebelum T-90 lahir, T-80 adalah satu-satunya tank modern yang dimiliki Angkatan Bersenjata Uni Soviet dan Rusia. Tank T-80 diproduksi sejak tahun 1970 dan berdinas sejak tahun 1976 hingga sekarang. T-80 terbagi menjadi dua produksi dari zaman Uni Soviet, dimana tipe T-80U dan T-80UK merupakan produksi Rusia, sedangkan tipe T-80UD adalah produksi Ukraina. Setelah perpecahan Uni Soviet 1991, Rusia dan Ukraina tetap melanjutkan produksi T-80 dengan versi mereka masing-masing meskipun diakhir kedua tipe sudah tidak lagi melayani tuan yang sama.

Persenjataan yang dimiliki T-80 sendiri tidak jauh berbeda dengan T-90, senjata utama yang ia miliki adalah meriam 2A46M-1 125mm smoothbore otomatis yang bisa meluncurkan misil anti-tank model 9M119 Refleks, senjata sekunder berupa senapan mesin PKT 7.62mm, dan senapan mesin anti-udara 12.7mm NSVT. Kendaraan berantai ini diawaki 3 orang dan memiliki jarak tempuh sejauh 335km dengan kecepatan di jalan raya sekitar 70km/jam.

Untuk pertahanan T-80 ia menggunakan besi aktif peledak atau biasanya dikenal dengan ERA (explosive reactive armor). Meskipun T-80 hampir terlihat sama seperti T-90, ada satu hal yang sangat membedakan keduanya, yaitu T-80 tidak dapat berenang di bawah air. Tank T-80 sendiri juga sudah dieskpor oleh Pemerintah Rusia hingga mencakup keseluruh dunia, seperti di Korea Selatan, Belarusia, Mesir, dan Tiongkok. 

Baca Juga: Fakta-fakta 2 Kapal Tanker Minyak Arab Saudi Rusak Akibat Sabotase

4. T-72

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takutarmyrecognition.com

Jika ingin mencari tahu tank blok timur apa yang paling diminati banyak negara di dunia, maka jawabannya adalah T-72. Tank T-72 adalah tank tempur yang sangat disegani di zamannya pada tahun 1970an. Mengabdi di Angkatan Bersenjata Uni Soviet sejak tahun 1973, setidaknya ada sekitar 1.700 T-72 yang masih bertugas di bawah komando Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, sedangkan 7.000 lainnya menjadi candangan strategis.

Persenjataan T-72 dilengkapi dengan senjata utama berupa meriam 125mm D-81 smoothbore yang juga bisa meluncurkan misil anti-tank model 9K120 Svir, senjata sekunder senapa mesin PKT 7.62mm, dan senapan mesin anti-udara 12.7mm NSVT. Seperti tank Uni Soviet/Russia keluaran setelah tahun 1960an semuanya hanya diawaki 3 orang saja untuk mengurangi penambahan beban dan ruangan, dimana posisi pengisi peluru digantikan dengan pengisi otomatis (robot) yang masih digunakan banyak negara hingga sekarang.

Untuk jarak maksimum yang dapat ditempuh T-72 adalah 500km dengan kecepatan di jalan raya sekitar 60km/jam. Sedangkan untuk lapisan pertahanan, tank T-72 hanya dilapisi lapisan baja dengan gabungan beberapa lapisan baja campuran lainnya. Namun, untuk meningkatkan keamanan, lapisan pelindung pun ditambah menggunakan ERA. Pengabdian T-72 yang tidak pernah berhenti membuat tank ini menjadi sangat legendaris, baik yang pernah menggunakan ataupun melawannya, mereka semua sangat menghormati. Sekarang, keterlibatan T-72 masih sangat marak dalam perang saudara di Suriah dan Ukraina. 

5. T-64

5 Tank Terbaik Federasi Rusia yang Membuat Semua Musuhnya Takuttelegraph.co.uk

Bagi yang mengenal sejarah T-64 tentu mereka tahu bahwa tank ini sudah dibebastugaskan oleh Angkatan Bersenjata Federasi Rusia karena sudah ada tank yang lebih baik untuk menggantikannya. Meskipun begitu, Kementerian Pertahanan Rusia tetap mempertahankan 2.000 tank T-64 yang masuk kedalam status cadangan strategis. Tank T-64 mulai mengabdi kepada Uni Soviet pada tahun 1963 dan mulai diproduksi massal hingga menyentuh angka 12.000 unit.

Tank ini terlibat dalam pertempuran sengit melawan Pejuang Mujahidin di Afganistan pada tahun 1979-1989 bersama T-55 yang merupakan varian pendahalunya. Walaupun kala itu Uni Soviet sudah memiliki tank yang lebih kuat dari T-64, mereka tetap menggunakan T-64 akibat terbuktinya kekuatan tank itu di berbagai pertempuran.

Persenjataan T-64 dilengkapi dengan senjata utama berupa meriam 125mm smoothbore yang juga dapat meluncurkan misil kendali anti-tank model Kombat atau Refleks dan senjata sekunder yang merupakan senapan mesin gabungan anti-udara GSh-23L 23mm. Lapis baja legendaris ini diawaki 3 orang dan dapat meimiliki jarak tempuh maksimal 500km dengan kecepatan di jalan raya sekitar 65km/jam.

Untuk pertahanan atau pelindungnya sendiri, T-64 dilindungi oleh lapisan ERA dan anti senjata nuklir, biologis, serta kimia. Meskipun T-64 sudah purnatugas di Rusia, tank ini tetap melanjutkan pengabdiannya di negara-negara Afrika dan Timur Tengah.

Bagaimana? Menurutmu tank apa yang merupakan tank terbaik Rusia. Silahkan dipilih ya!

Baca Juga: 5 Film Tentang Pertempuran Tank dalam Perang Dunia II

Karl Gading S. Photo Community Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You