Comscore Tracker

Akhir Tahun Sudah di Depan Mata, Yuk Pilih Bike Carrier Buat Liburan! 

Banyak pilihannya, jangan sampai salah beli

Jakarta, IDN Times - Libur akhir tahun sudah di depan mata. Rasanya udah gak sabar ingin berlibur sambil bersepeda. Apalagi kini kamu gak harus repot memasukkan sepeda ke dalam mobil, sebab kamu bisa menggunakan rak khusus untuk sepeda atau bike carrier.

Banyak pilihan bike carrier yang bisa kamu temukan di toko-toko sepeda. Namun sebelum membeli, ada baiknya mengetahui beberapa tipe bike carrier berikut supaya gak salah beli.  

1. Rak sepeda mobil rear mount

Akhir Tahun Sudah di Depan Mata, Yuk Pilih Bike Carrier Buat Liburan! Amazon.co.uk

Sesuai namanya, rak sepeda mobil model rear mount posisinya ditempatkan di bagian belakang kendaraan. Bisa dibilang model rak sepeda mobil ini paling banyak dipilih bagi para hobi gowes. Alasannya, harga rak sepeda mobil model ini cukup terjangkau.

Rak model ini biasanya bisa mengangkut hingga 75 kg sampai 100 kg. Beban ini bisa mengangkut hingga tiga sepeda sekaligus. Wahhh keren!

Hanya saja, penggunaan rak model ini bisa menghalangi pandangan pengemudi ke belakang. Karena itu kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakan rak sepeda model ini, ya.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Sebentar Lagi, Ini Tips Pilih Rak Sepeda untuk Mobil

2. Rak sepeda mobil cargo

Akhir Tahun Sudah di Depan Mata, Yuk Pilih Bike Carrier Buat Liburan! item.rakuten.co.jp

Ada juga rak sepeda yang dipasang di dalam mobil, loh. Tipe ini adalah jawaban buat kalian yang ingin membawa sepeda tapi gak ingin sepeda tersebut kotor atau tersiram hujan.

Hanya saja, untuk menggunakan rak ini, kamu harus mencopot terlebih dahulu ban depan sepedamu. Tapi itu mudah kok. Sebab sepeda-sepeda kekinian biasanya sudah menganut sistem quick release untuk mencopot sepeda.

Oya, kekurangan lain tipe rak ini adalah cukup makan tempat. Kamu harus merelakan sebagian kabin mobilmu untuk tempat sepeda. Karena itu rak tipe ini hanya cocok untuk mobil SUV atau MPV.

3. Rak sepeda mobil roof mount

Akhir Tahun Sudah di Depan Mata, Yuk Pilih Bike Carrier Buat Liburan! Amazon.com

Model selanjutnya adalah rak sepeda yang dipasang di bagian atap kendaraan. Rak sepeda ini cocok untuk mobil yang telah dibekali roof rack atau roof rail. Ketika diangkut, posisi sepedanya diletakkan berdiri. Oya, rak sepeda mobil model ini hanya bisa mengangkut maksimal dua sepeda.

Namun cara mengangkut sepeda dalam posisi berdiri akan menambah ketinggian kendaraan. Oleh karenanya rak sepeda ini direkomendasikan penggunaannya untuk mobil jenis sedan atau wagon yang memiliki dimensi cenderung rendah.

Secara umum, produk tipe roof mount juga terbagi lagi menjadi dua. Tipe pertama adalah produk yang membawa sepeda kalian sebagaimana adanya. Kalian bisa langsung memasangkan ban depan dan belakang sepeda ke rangka bike carrier.

Tipe kedua adalah produk yang mengharuskan kalian melepas ban depan terlebih dahulu. Di antara kedua tipe ini, sebaiknya tipe pertama yang kalian pilih. Selain menawarkan kemudahan pemasangan, kalian juga bebas memilih yang paling sesuai dengan keinginan.

4. Rak sepeda mobil towbar mount

Akhir Tahun Sudah di Depan Mata, Yuk Pilih Bike Carrier Buat Liburan! clearcutconversions.co.uk

Bike Carrie tipe towbar mount mirip tipe Roof Mount, hanya saja tempat penyimpanannya berada di belakang mobil. Kamu bisa dengan mudah mengangkut sepeda ke towbar. Ada beberapa towbar yang bisa mengangkut hingga empat sepeda sekaligus.

Ada juga towbar yang dibekali roof sehingg sepedamu gak akan kehujanan atau kepanasan selama dalam perjalanan. Hanya saja, tipe towbar ini akan membuat mobilmu semakin panjang. Hati-hati jika ingin menyalip, ya!

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Katarina Ariesta Putri
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya