Comscore Tracker

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  

Toyota Coms paling imut

Jakarta, IDN Times - Era mobil listrik sudah di depan mata. Perusahaan otomotif seperti iGeneral Motors (GM), Ford, Toyota, Mazda, Mercedez-Ben, Renault, Nissan, Mitsubishi, Volvo, hingga VW Group bahkan sudah memiliki lini mobil listrik. Banyak di antaranya bahkan telah dipasarkan.

Meski belum terlalu banyak, namun mobil-mobil listrik kini mulai hadir di tanah air. Era baru kendaraan tanpa polusi pun kian dekat. Nah, berikut mobil-mobil listrik yang sudah wara-wiri di Indonesia.

1. Nissan Leaf

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  Nissan Leaf

Nissa mengklaim Leaf generasi terbaru ini lebih senyap dibandingkan kompetitor mereka. Selain itu Leaf teranyar ini juga diklaim bisa menghasilkan daya liner 110 kw (147 PS) atau 38 persen lebih baik dari model lawas dengan torsi mencapai 320 nm. Pabrikan Jepang ini juga optimistis Nissan Leaf terbaru ini bisa menempuh jarak hingga 400 km dalam sekali pengisian baterai hingga penuh.

Meski demikian, Nissan belum membebekarkan spesifikasi lengkap dari Nissan Leaf terbaru yang akan diperkenalkan di Indonesia. Di Jepang, Nissan Leaf ditawarkan dengan dua pilihan baterai, yakni 40 kW dan 60 kW. Diperkirakan mobil listrik ini akan dibanderol sekitar Rp529 Juta.

Baca Juga: Ini 10 Kelebihan Nissan Leaf, Mobil Listrik Pertama Nissan!

2. Lexus UX 300e

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  Lexus UX 300e

Toyota Astra Motor (TAM) sebelumnya menyatakan akan melebarkan sayap mereka ke segmen battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik murni. Untuk itu mereka kemudian merilis mobil listrik pertama beremblem Lexus, yaitu Lexus UX 300e.

Mobil bahkan kabarnya siap memulai debut di Indonesia pada pekan ini. Sekadar bocoran, Lexus UX 300e merupakan mobil listrik premium bertenaga baterai ion dengan kapasitas 54,3 kWh. Saat baterai terisi penuh, mobil ini dapat melaju sejauh 400 km.

Di Tiongkok, mobil ini dipasarkan dengan harga 352.000 Yuan atau setara Rp790 jutaan dan 385.000 Yuan atau setara Rp840 jutaan. Sementara di Inggris, mobil ini dipasarkan dengan harga 43.900 Poundsterling atau setara Rp826 jutaan.

3. Toyota Coms

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  Toyota Coms

Toyota Coms atau T-Coms adalah mobil listrik mungil single-seater berkapasitas 1 orang. Toyota membatasi kecepatan mobil ini hanya 60 km/jam. Tidak terlalu cepat. Maklum saja, T-Coms memang diciptakan untuk berkomuter ria.

Meski dimensinya sangat imut, namun Toyota COMS bisa menempuh hingga 50 kilometer dalam sekali pengisian baterai. Dibutuhkan waktu hingga enam jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Hmm..lumayan lama, yah. Menariknya, baterai yang digunakan bukan jenis Lithium-Ion, tapi timbal asam konvensional.

Kapasitas muatan bagasi diperkirakan lebih dari 30 kg. Dengan berat kurang dari 900 pound, kursi tunggal mungil ini dirancang untuk melewati kota-kota di mana tempat parkir dan jalan raya sangat mahal. Sementara itu, bagian samping tidak dilengkapi pintu layaknya mobil pada umum. Tapi di buritan Toyota Coms terdapat bagasi yang cukup untuk meletakkan kebutuhan sehari-hari.

Toyota Coms akan melengkapi jajaran kendaraan ramah lingkungan Toyota untuk program Eco Tourism di Nusa Dua, Bali. Sayangnya Toyota belum membocorkan berapa harga mobil imut ini.

4. Porsche Taycan

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  Porsche Taycan

PT Eurokars Artha Utama kabarnya juga tertarik memasarkan mobil listrik di tanah air. Distributor resmi mobil Porsche itu berniat memasukkan Taycan ke tanah air. Konon Taycan yang akan masuk ke sini ada dua varian, yakni varian Turbo S dan Turbo.

Keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Taycan Turbo sebagai line tertinggi mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik. Sedangkan versi Turbo mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik.

Kedua varian ini memiliki jangkauan jelajah 412 km hingga 450 km atau setara dengan jarak Jakarta-Bandung. Sedangkan untuk waktu pengisian baterai hingga 80 persen sekitar 22,5 menit dalam kondisi ideal.

PT Eurokars Artha Utama optimistis Porsche Taycan akan menjadi new normal baru bagi konsumen mobil sport di Indonesia. Jika resmi mendarat, diperkirakan harga Porsche Taycan 2020 mulai Rp 2,85 miliar.

5. Kia Soul EV dan KIA Niro EV

Deretan Mobil Listrik Ini Siap Ngegas di Tanah Air, Ada yang Imut!  Kia Soul EV dan KIA Niro EV

PT Kreta Indo Artha (KIA Indonesia) juga berminat memasarkan mobil listrik di Indonesia. Hanya saja mereka masih menunggu hingga wabah COVID-19 mereda. Sementara untuk mobil listriknya sendiri, mereka sudah punya Kia Soul EV.

Mobil ini cukup menarik karena desainnya yang ringkas. Baterainya lithium-ion 31,8 kWh dengan voltase 475 volt yang mampu menyemburkan tenaga hingga 108,6 dk pada 8.000 rpm dan torsi puncak 285 Nm pada 2.730 rpm.

Dengan baterai tersebut, mobil ini mampu menempuh perjalanan hingga 452 kilometer dengan sekali pengisian daya (model 64 kWh). Harga KIA Soul EV dibanderol sekitar 35 ribu dolar Amerika atau setara Rp506 juta.

Selain Soul EV, KIA juga punya mobil listrik lain, yakni KIA Niro EV. Mobil ini menggunakan baterai lithium-polymer berkapasitas 64 kWh yang bisa menghasilkan power sebesar 201,2 dk dan torsi sebesar 395 Nm.

Jika baterai terisi penuh, mobil ini bisa melaju hingga 450km. Sementara pengisian ulang baterainya cuma membutuhkan waktu 54 menit dengan fast charging 100 kW agar daya baterainya terisi 80 persen.

Keunggulan lain dua mobil listrik KIA ini ada pada akselerasinya. Dari 0-100 km/jam Kia Niro EV hanya membutuhkan waktu 7,8 detik. Di luar sana, KIA Niro EV dijual 40,210 dolar AS atau setara Rp582 juta. 

Baca Juga: Mobil-mobil Korea di Bawah Rp50 Juta, Biar Bekas Tapi Masih Berkelas! 

Topic:

  • Katarina Ariesta Putri
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya