Comscore Tracker

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!

Pasar SUV bakal semakin panas, nih!

Jakarta, IDN Times (Update) - Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) agaknya sedang naik daun. Tak hanya di Indonesia, tapi juga secara global. Ini bisa dilihat dari banyaknya mobil-mobil SUV yang berkeliaran di jalanan. Sebut saja Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sports.

Dua mobil itu, bisa dibilang, merajai pasar SUV di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tapi bukan berarti keduanya tanpa ancaman. Sebab pabrikan lain kini mulai serius menggarap pasar ini. Bahkan beberapa di antarnya sudah muncul di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD mulai 2 hingga 12 Agustus. 

Apa saja SUV-SUV yang akan menggoyang dominasi Pajero Sports dan Fortuner? Berikut di antaranya:

1. Gebrakan Wuling Baojun 530

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!IDN Times/Kevin Handoko

Wuling sejatinya baru hadir tahun lalu di tanah air. Namun sepak terjang mereka membuat banyak pabrikan yang sudah mapan di sini ketar-ketir. Sebab perusahaan otomotif asal China ini mampu menghadirkan mobil-mobil berkelas dengan harga yang jauh di bawah para pesaingnya. Sebut saja Confero S dan Cortez.

Dan di GIIAS 2018 ini mereka kembali hadir dengan mobil terbaru, yakni Baojun 530. Mobil bergenre SUV ini diproyeksikan akan menjadi penantang serius bagi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sports. Sayang Wuling belum merilis harga dan spesifikasi mobil ini.

"Untuk mesin dan interior akan disesuaikan dengan pasar Indonesia. Saat ini belum ada nama resmi untuk pasar Indonesia, so kita tunggu kelanjutannya. Karena kita mau jangka panjang di Indonesia, selain aftersales, dealer, kita harus melengkapi line-up mobil kita," kata Dian Asmahani Brand Manager Wuling, Kamis (2/8)

2.The New Chevrolet Trailblazer

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!IDN Times/Kevin Handoko

Pabrikan lain yang turut memanaskan pasar SUV tanah air datang dari Amerika Serikat: The New Chevrolet Trailblazer. Mobil ini sangat berpotensi menjadi ancaman serius Pajero dan Fortuner karena desainnya yang maskulin abis.

Selain itu Trailblazer juga menggendong mesin yang cukup buas, tenaganya mencapai 180ps dengan torsi 440Nm. Selain itu Trailblazer juga dibanjiri berbagai fitur canggih, seperti remote-start engine dengan fitur ac-on, sehingga pengemudi di daerah tropis dapat menghidupkan mesin dan ac hanya menggunakan remote. Asyik, ya!

Baca Juga: GIIAS 2018: Chevrolet Trailblazer Ramaikan Perang SUV

3. Nissan Terra menjual kenyamanan dan performa

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Nissan dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mampu meracik kenyamanan dengan performa. Kalau kamu pernah naik Nissan X-Trail pasti setuju dengan pendapat tersebut. Nah, dua hal inilah yang masih menjadi jualan utama Nissan saat merilis Nissan Terra beberapa hari lalu di GIIAS 2018.

Baca Juga: Ini SUV Baru dari Nissan, Penantang Fortuner dan Pajero Sport

4. All New Santa Fe: Mewah dan buas

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!Instagram/@hyundaiid

Kali ini penantang Pajero Sports dan Fortuner datang dari Korea: Hyundai All New Santa Fe. Diluncurkan di GIIAS 2018. All New Santa Fe tak hanya menawarkan kemewahan interior, tapi juga mesin yang buas.

Ada dua varian yang diluncurkan, yakni All New Hyundai Santa Fe yaitu mesin Gasoline 2.4 MPi D-CVVT dengan transmisi Automatic Shiftronic-6 Speed dan Diesel R2.2 CRDi EVGTurbo dengan transmisi Automatic Shiftronic-8 Speed.

So, kehadiran SUV-SUV ini sangat mungkin akan membuat Toyota dan Mitsubishi panas-dingin. Namun yang pasti konsumen jadi punya lebih banyak pilihan. Ya, kan?

Baca Juga: GIIAS 2018: Baru Setahun Dirilis, Mitsubishi Rilis Xpander Terbaru

5. DFSK Glory 580

GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!IDN Times/Kevin Handoko

Satu lagi penantang serius Pajero Sports dan Fortuner adalah Glory 580. Mobil produksi perusahaan otomotif asal Tiongkok sudah dirilis April lalu. Mengusung mesin 1.5L turbocharger, penjualan Glory 580 bahkan telah mengalahkan Nissan X-Trail, lho!

Baca Juga: GIIAS 2018: Kalahkan Penjualan X-Trail, Ini Rahasia DFSK 580

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You