Comscore Tracker

Astra Auto Fest, Ajang Astra Grup Maksimalkan Penjualan di Akhir Tahun

Data Gaikindo, Astra masih kuasai pasar otomotif Indonesia

Tangerang, IDN Times - Merek mobil dan motor di bawah Grup Astra seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, BMW, dan Honda adakan event bersama bertajuk Astra Auto Fest 2019 di Astra Biz Center, BSD City, Pagedangangan, Tangerang.

Acara yang dimulai Jumat, 22 November hingga Minggu, 24 November ke depan, memamerkan semua lini dan merek otomotif di bawah Grup Astra termasuk lembaga pembiayaan Astra Financial dan asuransi.

Acara ini menawarkan produk dan paket menarik untuk para calon konsumen.

1. Ajang ini jadi dongkrak penjualan di akhir tahun

Astra Auto Fest, Ajang Astra Grup Maksimalkan Penjualan di Akhir TahunAstra Auto Fest 2019 (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Direktur PT Astra International Tbk (AI) Suparno Djasmin, menyebut bahwa pameran Astra Auto Fest 2019 digelar untuk mendongkrak penjualan mobil dan motor Grup Astra pada akhir tahun 2019 ini.

“Astra Auto Fest 2019 ini merupakan sinergi lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra. Ini sebagai wujud apresiasi dan komitmen Astra untuk memberikan layanan dan produk terbaik untuk konsumen," kata Suparno dalam sambutan acara pembukaan, Jumat (22/11).

Baca Juga: Astra Auto Fest 2019 Bakal Hadir di BSD, Banyak Promonya Loh!

2. Lebih dari 50 persen penjualan otomotif Indonesia dikuasai Astra

Astra Auto Fest, Ajang Astra Grup Maksimalkan Penjualan di Akhir TahunAstra Auto Fest 2019 (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Bos Astra yang akrab disapa Abong ini menjelaskan, kegiatan seluruh lini bisnis otomotif dan jasa keuangan Astra ini akan memberikan program saling sinergi atas beragam produk, promo, dan penawaran terbaik.

“Apalagi, saat ini lebih dari 50 persen penjualan otomotif nasional dikuasai brand di bawah naungan Astra. Saya yakin hingga akhir tahun ini kita bisa meraih pangsa pasar 53 persen,” kata Abong.

3. Sampai September 2019, total penjualan ritel otomotif nasional mencapai 758.413 unit

Astra Auto Fest, Ajang Astra Grup Maksimalkan Penjualan di Akhir TahunAstra Auto Fest 2019 (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Abong mengungkapkan, berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2019, total penjualan ritel otomotif nasional mencapai 758.413 unit.

"Toyota menguasai pangsa pasar 31,6 persen karena meraih penjualan 239.417 unit. Disusul Daihatsu yang menguasai pangsa pasar 16,8 persen setelah meraih penjualan ritel 127.639 unit," terang Abong.

Kemudian brand di bawah Astra lainnya yakni Isuzu menguasai 2,3 persen dengan penjualan 17.697 unit. Sisanya BMW, Peugeot, dan UD Trucks dengan pangsa pasar di bawah 1 persen.

"Saat ini pembelian mobil dan sepeda motor lewat kredit mencapai 70 persen. Semuanya tentu harus diasuransikan, baik produk dan jiwa pemiliknya. Tentu harus disiapkan pendanaannya. Makanya Astra Financial terlibat,” kata Abong.

Baca Juga: Astra Targetkan Penjualan 1.505 Kendaraan dalam Astra Auto Fest 2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You