Comscore Tracker

Jeep Luncurkan SUV Listrik Wrangler 4xe, Tangguh di Medan Offroad

Mobil Jeep dengan tenaga listrik pertama di Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Keseriusan Jeep mengelektrifikasi mobil-mobilnya terus berlanjut. Kali ini Jeep memperkenalkan Wrangler 4xe, kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) bertenaga listrik.

Wrangler 4xe merupakan Jeep listrik pertama untuk pasar Amerika Serikat. Sebelumnya Jeep telah menyematkan motor listrik untuk seri Compass dan Renegade di pasar Eropa.

Kehadiran Wrangler hybrid ini menjadi spesial karena Jeep mengklaim mobil ini sebagai Wrangler paling ramah lingkungan dan paling mampu melahap medan biasa hingga medan off-road. Kemampuannya bahkan mengalahkan saudara-saudara non-hybridnya.

1. Tetap tangguh di medan off-road

Jeep Luncurkan SUV Listrik Wrangler 4xe, Tangguh di Medan Offroadjeep.com

Penukaran lencana 4x4 menjadi 4xe bukan berarti Wrangler ini kehilangan kemampuannya untuk menaklukkan medan off-road. Sebab Wrangler 4xe dibekali sepasang as roda Dana 44 yang kokoh. 

Ia juga dibekali transfer case dua percepatan yang penuh waktu memungkinkan penggerakan keempat rodanya. Ground clearance Wrangler 4xe model superiornya setinggi 10,8 inci. Kemampuan mengarungi air hingga 30 inci untuk semua model Wrangler 4xe.

Mungkin para off-roader bingung bagaimana mobil listrik bisa aman berinteraksi dengan air. Jeep meyakinkan bahwa semua komponen bertegangan tinggi Wrangler 4xe telah disegel dan tahan air.

Baca Juga: Dibanderol Rp87 Jutaan, Sepeda Listrik Jeep Ini Bertenaga Monster!

2. Tenaganya mengalahkan mesin diesel 3.0 liter V-6 dan konsep Rubicon V-8

Jeep Luncurkan SUV Listrik Wrangler 4xe, Tangguh di Medan Offroadjeep.com

Wrangler 4xe didukung mesin empat silinder 2.0 liter turbocharged. Bersamaan dengan mesin turbo, Wrangler hybrid ini juga dibekali dengan sepasang motor listrik yang ditempatkan di dua lokasi berbeda. 

Dengan seluruh mesinnya, Wrangler 4xe menghasilkan tenaga gabungan sebesar 375 hp dan torsi 470 lb-ft. 

Kekuatan yang dihasilkan ini mengalahkan mesin-mesin non-hybrid Jeep, seperti diesel 3.0 liter V-6 yang menghasilkan torsi 442 lb-ft hingga konsep Rubicon bermesin V-8 yang menghasilkan 450 hp.

3. Bisa melaju hingga 40 km hanya dengan mode elektrik

Jeep Luncurkan SUV Listrik Wrangler 4xe, Tangguh di Medan OffroadJeep.com

Motor-motor listrik Wrangler 4xe ditenagai baterai berdaya 17.0 kWh. Jeep membekali Wrangler 4xe dengan E-Selec yang mengizinkan pengendara memilih mode-mode berkendara. 

Electric Mode hanya menggunakan daya baterai untuk meluncur di zona rendah emisi atau untuk off-road yang tenang dengan daya kuda dan torsi maksimum. Dengan mode ini, mobil bisa menjangkau hingga 40 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Mode eSave bisa dipilih ketika pengendara ingin menyimpan daya baterai untuk nanti. Mode Hybrid memberikan pengendara mengombinasikan penggunaan bensin dan listrik.

4. Rilis Desember 2020 untuk pasar Amerika Serikat, Eropa dan China

Jeep Luncurkan SUV Listrik Wrangler 4xe, Tangguh di Medan Offroadjeep.com

Wrangler 4xe hadir dalam tiga model, yaitu 4xe base, Sahara 4xe, dan Rubicon 4xe. Model 4xe reguler dan Sahara 4xe dibekali dengan transfer case Selec-Trac, sementara model Rubicon 4xe dibekali sistem Rock-Trac yang lebih kuat.

Wrangler 4xe akan resmi dirilis di Desember 2020 mendatang. Sejauh ini, Wrangler hybrid baru ditargetkan untuk masuk ke pasar Amerika Serikat, Eropa, dan China pada awal 2021.

Baca Juga: Jeep Luncurkan Grand Wagoneer 2022 September, Reinkarnasi SUV! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya