Comscore Tracker

Perawatan VW Klasik Gak Boleh Asal, Ini Tiga Tipsnya  

Berikut daftar toko suku cadang VW klasik

Jakarta, IDN Times - Naik mobil klasik memang asyik. Sebab, selain bakal beda sendiri dan karenanya jadi pusat perhatian, mobil klasik juga punya sejarahnya sendiri. Nilai sejarah inilah yang menciptakan ikatan emosional antara mobil dengan pemiliknya.

Tapi banyak mobil klasik yang tinggal sejarah karena pemiliknya gak tahu cara merawat mobil tersebut. Sayang banget, kan. So, kalau kamu punya mobil klasik, pastikan kamu tahu cara merawatnya ya.

Sebab merawat mobil klasik itu gak boleh asal-asalan. Perawatannya juga gak boleh disamakan dengan merawat mobil-mobil baru. Nah, salah satu mobil klasik yang perlu perawatan khusus adalah mobil-mobil klasik keluaran Volkswagen (VW), seperti VW Kodok, Combie, dan Safari. 

"Mengemudikan kendaraan klasik klasik tidak bisa disamakan dengan kendaraan baru. Karena dari sistem-sistem yang ada sudah mengalami penurunan," kata Anggota Departemen Olahraga dan Rekreasi Volkswagen Club Yogyakarta (VWC), Andi Santoso, kepada IDN Times, Senin (10/8/2020).

Berikut beberapa tips merawat VW klasik supaya terus terawat dan aman dikendarai.

1. Ganti komponen dan rapikan perkabelan secara berkala

Perawatan VW Klasik Gak Boleh Asal, Ini Tiga Tipsnya  www.waltsautoelectric.com

Mobil VW klasik tidak boleh dirawat setengah-setengah. Pemilik harus secara berkala mengecek dan mengganti komponen-komponen tertentu secara rutin agar VW klasik beroperasi dengan mulus. 

Andi menyebutkan sejumlah perawatan yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik VW klasik. 

“Tips merawat VW yaitu ganti oli rutin, tune up, penggantian selang bensin, dan filter bensin secara berkala,”ujar Andi.

Selagi melakukan pengecekan dan penggantian komponen, Andi juga mengingatkan pemilik VW klasik untuk secara berkala merapikan perkabelan VW.

“Yang paling penting adalah penggantian selang bensin dan merapikan perkabelan secara berkala karena itu dapat menimbulkan kebakaran," katanya mengingatkan.

 

2. Parkir VW klasik di tempat yang teduh

Perawatan VW Klasik Gak Boleh Asal, Ini Tiga Tipsnya  instagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Perawatan VW tidak berhenti di aspek mesin saja, tetapi perawatan VW ini juga diterapkan ketika VW dibawa keluar. Andi mengatakan salah satunya bisa dilakukan dengan memarkirkan VW di tempat yang teduh.

Secara umum, melindungi mobil dari paparan matahari langsung bisa menjaga interior dan elemen-elemen mobil yang rentan lainnya dari penurunan kualitas dini. 

3. Pilih bengkel dan toko spare part yang sesuai standar VW klasik

Perawatan VW Klasik Gak Boleh Asal, Ini Tiga Tipsnya  unsplash.com/toddkent

Andi mengatakan, pemilik VW harus terinformasi dalam hal mencari suku cadang dan bengkel yang memenuhi standar kendaraan VW. 

Andi membagikan sejumlah daftar lokasi bengkel dan toko spare part di dalam dan luar negeri yang bisa dijadikan rujukan untuk perawatan VW klasik. Berikut beberapa toko suku cadang untuk VW klasik.

Offline store:
1. Smart Volks Works Giwangan
2. Trisna Jaya Jalan Solo
3. Central Jaya 
4. Atrium Plaza Senen, Jakarta
5. Servo Bandung

Online store:
1. BBTVW, Belgium
2. Custom Speed Part Germany
3. Heritage Part Center UK
4. CB Performance USA
5. Vintage Speed Taiwan

Baca Juga: Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya