Comscore Tracker

Pesona Mazda Astina, Kedipan Lampunya Begitu Menggoda

Harga bekasnya mulai Rp35 juta

Jakarta, IDN Times - Banyak mobil-mobil tua yang hingga kini masih memesona, salah satunya Mazda Astina. Mobil ini istimewa karena headlamp atau lampu depannya bisa berkedip alis bisa naik turun. 

Mobil ini pernah menyihir para pencinta otomotif tanah air pada era 90-an. Saat itu Mazda Astina termasuk mobil mahal, karena itu hanya segelintir saja yang punya. Tapi sekarang harga bekas mobil ini sudah melorot jauh.

Di bursa mobil bekas, ada Mazda Astina yang dibanderol kurang dari Rp40 juta. Menarik banget, kan? Nah, berikut keunggulan Mazda Astina yang kedipan matanya selalu menggoda. 

1. Lampu genit untuk optimalkan aerodinamika

Pesona Mazda Astina, Kedipan Lampunya Begitu Menggoda.reddit.com

Astina mempelopori mobil dengan desain lampu depan pop-up di Indonesia. Ketika mesin dimatikan, lampu depan ini akan terbenam ke dalam kap mesin dan muncul kembali ketika mesin dinyalakan. Ide di balik desain ini adalah untuk meningkatkan aerodinamika. 

Desain lampu ini yang seolah berkedip ini lah penyebab Astina kerap dijuluki mobil lampu mata genit. Kedipannya ini seolah menggoda para pencinta mobil di era 90-an untuk meminangnya. Lampu Astina bahkan bisa dibuat mengedip satu mata. 

Baca Juga: Mazda Indonesia Luncurkan All-New Mazda CX-30 Pekan Depan

2. Mesinnya bertenaga 102 hp

Pesona Mazda Astina, Kedipan Lampunya Begitu Menggodadrive.com.au

Mazda memvisikan Astina sebagai mobil yang bisa diandalkan untuk adu akselerasi. Selain desainnya yang sporty khas mobil balap di tahun 90-an, Mazda juga membekali Astina dengan mesin 1,8 liter yang bisa menghasilkan torsi 102 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga Astina dialirkan lewat transmisi manual 5 percepatan ke roda depan.

3. Harga bekasnya mulai Rp35 juta

Pesona Mazda Astina, Kedipan Lampunya Begitu Menggodade.motor1.com

Sangat langka menemukan mobil dengan lampu pop-up seperti milik Astina. Pasalnya, desain lampu pop-up tak sejalan dengan peraturan pejalan kaki karena dinilai berbahaya untuk pejalan kaki ketika terjadi tabrakan. Mendesain lampu sejenis ini pun jadi lebih sulit dan memakan biaya lebih mahal.

Namun, Mazda Astina yang pertama keluar pada tahun 1991 ini bisa ditemukan di situs jual beli daring dengan harga mulai Rp35 juta. Gimana tertarik berburu Mazda Astina?

Baca Juga: Dua SUV Mazda Terbaru Resmi Dirilis, Ini Fitur Unggulan dan Harganya  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya