Comscore Tracker

Siap-siap, Nissan Bakal Luncurkan SUV Listrik 15 Juli Mendatang!

Nissan semakin serius menggarap mobil elektrik

Jakarta, IDN Times - Nissan akan memperkenalkan mobil sport utility vehicle (SUV) elektrik Ariya pada 15 Juli 2020. Sebelumnya mobil ini telah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019. 

Green Car Reports melaporkan fitur yang akan dirilis pada Juli mendatang tidak akan berbeda dari konsep yang dipresentasikan. Kabarnyam, SUV ini dibekali teknologi unggulan dari mobil super Nissan GT-R, lho!

1. Nissan Intelligent Mobility untuk kemudahan berkendara

Siap-siap, Nissan Bakal Luncurkan SUV Listrik 15 Juli Mendatang!global.nissannews.com

Nissan Intelligent Mobility menjanjikan pengalaman mobilitas yang spesial dengan Ariya. Seperti sistem pembagian torsi Advanced Total Traction Engineering System for All-terrain with Electronic Torque Split (ATTESA E-TS) yang menjadi kartu AS Nissan GT-R.

Dengan teknologi ini, pembagian torsi depan dan belakang dapat berubah dengan cepat hingga maksimum 50:50. Canggih banget, ya. Selain itu sistem all-wheel-drive e-4ORCE pada mobil ini akan mempermudah pengedalian mobil ini. 

Oya, Ariya dibekali fitur ProPilot 2.0 dan sensor 360 derajat. Dengan fitur ini, mobil bisa meluncur secara otonom di jalur tunggal dan menjadi semi-otonom di multi-lane. 

2. Desainnya minimalis dan futuristik

Siap-siap, Nissan Bakal Luncurkan SUV Listrik 15 Juli Mendatang!marca.com

Aerodinamika menjadi hal yang penting ketika mendesain mobil elektrik. Dengan Ariya, Nissan memasangkan shield  untuk meningkatkan aerodinamikanya. Di balik shield tersebut disematkan teknologi kamera, radar, dan sensor untuk menunjang kecanggihan Ariya. 

Desainer Nissan mendandani Ariya agar tampil lebih minimalis dan futuristik luar-dalam. Tampilan eksteriornya mulus. Kehadiran celah-celah yang memberatkan mobilitas Ariya dihilangkan.

Direktur Desain Program Nissan Giovanny Arroba, pada video perkenalan konsep Nissan Ariya yang tayang 23 Oktober 2019 di YouTube,  menyebut penampilan Ariya sebagai ‘seamless’ atau ‘tanpa kelim’.

Sementara untuk bagian dalamnya dilengkapi dengan meta-material yang bisa meredam suara bising dari luar mobil. Hiasan di permukaan interior Nissan dipoles dengan pola tradisional Jepang, Kumiko, yang sudah mendapat sentuhan modern. 

3. Jarak tempuh sekali pengisian baterai lampaui Nissan Leaf

Siap-siap, Nissan Bakal Luncurkan SUV Listrik 15 Juli Mendatang!insideevs.com

Nissan Ariya diklaim mampu menempuh jarak 300 mil dalam sekali pengisian baterai. Ini merupakan peningkatan dari jarak tempuh maksimum Nissan Leaf yang adalah 226 mil. 

Fitur Nissan Energy Share yang disematkan dalam Ariya mengizinkan pembagian daya listrik dengan rumah ketika sistem pengisian baterai digunakan. 

Baca Juga: Nissan Leaf Bisa Ngibrit 0-100 KPJ Hanya dalam 7,9 Detik!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya