Comscore Tracker

Tips Biar Mobil Gak Kusam Diguyur Hujan

Hujan boleh, kusam jangan

Jakarta, IDN Times - Musim hujan telah tiba. Debu dan kotoran yang terkandung pada air hujan akan meninggalkan bekas air pada cat mobil, membuatnya jadi terlihat kusam. Karena itu sangat penting menjaga kebersihan mobil di musim hujan.

Berikut beberapa cara menjaga eksterior mobil agar tetap mengilap di musim hujan. Tenang saja, perawatan ini sangat mudah dilakukan. Cekidot, ya! 

1. Rajin mencuci mobil

Tips Biar Mobil Gak Kusam Diguyur Hujanunsplash.com/Erik Mclean

Kadang kita berpikir mencuci mobil di musim hujan adalah sia-sia. Namun, rajin mencuci mobil ketika musim hujan menjadi salah satu kunci menjaga mobil tampil mengilap.

Agar lebih maksimal, gunakan sampo berkualitas untuk mencuci mobil. Selain itu, saat mencuci, lakukan pengecekan terhadap bekas air (watermark) pada permukaan eksterior mobil.

Bekas air ini adalah salah satu musuh yang bisa menyebabkan mobil terlihat kusam.

Baca Juga: Mau Mencuci Mobil Sendiri? Perhatikan Dulu 3 Waktu Berikut

2. Bersihkan kaca mobil

Tips Biar Mobil Gak Kusam Diguyur Hujanunsplash.com/ Emily Major

Kaca mobil yang bersih tak hanya membuat mobil tetap tampil cantik, tapi juga untuk
menghilangkan kotoran yang menghalangi visibilitas dari dalam mobil.

Membersihkan kaca mobil harus dilakukan  dengan pembersih yang tepat. Pastikan juga untuk membersihkan kaca mobil secepat mungkin setelah hujan deras atau gerimis.

Hal ini karena air yang terlalu lama didiamkan pada kaca mobil bisa membekas dan sulit dihilangkan.

3. Lapisi eksterior mobil dengan wax

Tips Biar Mobil Gak Kusam Diguyur Hujancarbuyer.co.uk

Setelah dicuci bersih, lindungi mobil dengan wax. Waxing akan membantu kontaminan meninggalkan permukaan eksterior mobil dengan mudah. Langkah ini juga bermanfaat untuk memberikan lapisan pelindung pada cat mobil.

Untuk mengaplikasikan wax, pemilik mobil bisa gunakan sponge poles atau kain mikrofiber. Wax yang sudah diaplikasikan perlu untuk tetap dijaga. Salah satunya adalah menggunakan sampo mobil berkualitas yang tak terlalu keras agar lapisan wax tetap awet.

4. Jangan sarungi mobil saat masih basah

Tips Biar Mobil Gak Kusam Diguyur Hujanflickr.com/Fidget9

Untuk menjaga mobil tetap mengilap, hindari menutup mobil dengan sarung mobil ketika kendaraan belum benar-benar kering. Pasalnya, melakukan ini bisa mengumpulkan udara lembap di bawah sarung mobil.

Udara lembap ini bisa menimbulkan jamur pada permukaan eksterior yang pastinya akan mengganggu penampilan mobil kesayanganmu.

Baca Juga: 4 Pantangan Saat Mencuci Sepeda, Bisa Berakibat Fatal!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya