Comscore Tracker

Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmu

Punya VW klasik jadi lebih gembira

Jakarta, IDN Times - Kalau kamu punya mobil Volkswagen (VW) klasik atau sekadar menggemarinya, pasti akan lebih menyenangkan jika bergabung dengan komunitas. Salah satu komunitas VW klasik yang masih eksis adalah Volkswagen Club Yogyakarta (VCY).

“Berawal dari beberapa mahasiswa yang kuliah Jogja dan sama-sama mencintai Volkswagen yang berkumpul dan merasa butuh komunitas yang bisa mewadahi hobi mereka,” kata anggota Departemen Olahraga dan Rekreasi VCY, Andi Susanto, kepada IDN Times, Senin (10/8/2020).

Andi mengatakan VCY telah menjadi wadah para pecinta VW klasik di Yogyakarta sejak 16 April 1984. Wah, kamu sudah lahir belum tuh?

1. Bukan sekadar wadah salurkan hobi, tapi juga bertukar informasi tentang VW

Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmuisntagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Andi mengatakan hadirnya VCY tidak hanya untuk menyalurkan hobi para penggemar VW tetapi juga untuk mempermudah anggotanya mendapat informasi seputar VW.

Komunitas yang sudah berdiri selama 36 tahun ini juga hadir untuk meningkatkan rasa aman pemilik VW ketika mengalami masalah dengan kendaraan klasik mereka. 

"Meningkatkan pengetahuan para anggota tentang teknik automotif kendaraan Volkswagen sehingga para anggota dapat merasa aman terhadap kesulitan-kesulitan teknis yang timbul atas kendaraan anggota," kata Andi.

2. Banyak loh aktivitasnya, salah satunya mengikuti acara internasional

Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmufacebook.com/Jogja Wolkswagen Festival

Salah satu tujuan dari hadirnya VCY adalah untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antaranggota VCY sehingga melahirkan solidaritas yang tinggi. VCY memiliki sejumlah aktivitas komunitas yang bisa mempererat hubungan anggota-anggotanya. 

Andi menceritakan, setiap dua tahun sekali, VCY menyelenggarakan acara internasional bertajuk Jogja Volkswagen Festival (JVWF). Ada juga acara Swingin Summer Vdub, yaitu acara regional yang diselenggarakan per dua tahun sekali dan dilakukan di area outdoor seperti kemah di pinggir pantai. 

VCY juga memiliki beberapa aktivitas yang frekuensinya lebih rutin, seperti pertemuan dan arisan setiap bulan. Seperti komunitas otomotif pada umumnya, VCY pun punya agenda touring, dari yang melibatkan anggota VCY saja hingga dengan klub di kota lain.

“Satnight setiap malam minggu, berkumpul kemudian rolling thunder dalam kota Jogja. Touring ke acara-acara yang diselenggarakan club kota lain,” papar Andi.

3. Syarat jadi anggotanya gak sulit, lho!

Volkswagen Club Yogyakarta, Wadah Penggemar VW Klasik Bertukar Ilmuinstagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Andi melanjutkan, VCY memiliki sejumlah syarat bagi pemilik dan penggemar VW yang ingin bergabung. Calon anggota diwajibkan berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 17 tahun yang sehat jasmani dan rohani. 

Calon anggota juga tidak sedang tergabung dengan organisasi sejenis. Nantinya, status keanggotaan akan disahkan oleh pengurus VCY. Gimana, berminat gabung VCY?

Baca Juga: Jogja Volkswagen Festival 2019, Reuni Kolektor VW Berbagai Negara

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya